Perselisihan Antar Mahasiswa Barsela dan Gayo di Banda Aceh Berakhir Damai

- Redaksi

Senin, 23 Oktober 2023 - 22:07 WIB

50232 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANDA ACEH | Perselisihan antar mahasiswa dari lima kabupaten yakni Abdya, Takengon, Gayo Lues, Bener Meriah dan Aceh Selatan yang terjadi di Banda Aceh beberapa hari lalu berakhir damai.

Perdamaian ini berlangsung di Mapolresta Banda Aceh, Senin (23/10/2023) sore, berkat inisiasi Kapolresta, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli bersama unsur forkopimda kota Banda Aceh.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir masing-masing pimpinan daerah hingga tokoh masyarakat termasuk para mahasiswa dan perwakilannya yang terlibat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli mengatakan, seluruh pihak yang berasal dari lima kabupaten itu telah sepakat berdamai atas permasalahan yang terjadi.

“Jadi kita sudah melakukan deklarasi damai antar pihak di lima kabupaten tersebut, Alhamdulilah semuanya sepakat untuk diselesaikan secara damai,” ujarnya kepada awak media saat diwawancarai.

Selain itu Fahmi juga menjelaskan, terkait dengan penegakan hukum baik secara pidana maupun perdata, semua pihak yang melaporkan kejadian itu juga sepakat untuk mencabut laporannya.

“Jadi kita akan selesaikan terkait administrasi penyidikan dan seluruh rangkaian laporan yang dilaporkan oleh para pihak dicabut dan kita selesaikan secara Restorative Justice,” ucapnya.

Baca Juga :  Plt. Sekda Jata,SE Serahkan Bantuan Korban Kabakaran Pining 

Begitu pun dengan status sejumlah mahasiswa yang sempat diamankan pasca perselisihan itu. Polisi masih menyelesaikan proses administrasi terlebih dahulu sebelum nantinya mereka dikembalikan ke tokoh masyarakat.

“Iya, kita proses administrasi dulu baru kita kembalikan ke tokoh-tokoh masyarakat setempat,” ucap mantan Kabid Propam Polda Aceh ini.

Sementara, Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin yang ikut hadir dalam proses mediasi tersebut sangat mengapresiasi perwakilan dari lima daerah ini yang sudah menyepakati berita acara damai.

“Alhamdulillah semua bersepakat perselisihan ini harus diakhiri dan sama-sama menyadari bahwa perdamaian ini adalah yang paling utama di antara kita,” ungkap Amiruddin.

“Alhamdulillah dengan upaya Pak Kapolresta yang luar biasa, akhirnya semua pihak telah melakukan deklarasi damai,” katanya.

Secara keseluruhan, mereka (para mahasiswa) telah melaksanakan deklarasi damai di Aula Machdum Sakti Polresta Banda Aceh tadi, pungkasnya.

Hadir dalam pertemuan perdamaian tersebut diantaranya Anggota DPRA Fraksi PKB sekaligus perwakilan Gayo Lues, Rijaluddin, S.H., M.H, Pj Walikota Banda Aceh, Amiruddin, S.E.,M.Si, Kasdim 0101/ KBA, Letkol Arh, Sugi Hantoro, S.T, M.I.P.
Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli, S.H., S.I.K., M.Si.
Kadis Peternakan Aceh sekaligus Ketua Presidium, Ikatan Masyarakat Abdya (IKAMABDYA), Zalsufran, S.T., M.Si, Para PJU Polresta Banda Aceh.

Baca Juga :  Kapolres Gayo Lues Himbau Warga Hati-hati Terhadap Pemicu Terjadinya Kebakaran

Kemudian Sekda Abdya, Salman Alfarisi, S.T, Sekda Kabupaten Aceh Selatan, Ilham Sahputra, S.STP., M.Si, Asisten I Setdakab Aceh Selatan Kamarsyah S.Sos., M.M, Kadisdik Aceh Bener Meriah, Ruh Akbar, S.H., M.M, Kepala Bappeda Aceh Tengah, Drs.Amir Hamzah, M.M, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Aceh Tengah Drs.H.Mursyid, M.Si, Ketua Keluarga Negeri Antara (KNA) Aceh Tengah, Jamhuri, Sekretaris Eksekutif Ikatan Masyarakat Aceh Barat Daya (IKAMABDYA), Iswandi Razili, Presedium IKAMABDYA Dr. Ismail, Ketua Umum Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Aceh Barat Daya (Hipelmabdya), Muti Azir Surian.

Lalu Ketua Paguyuban Bener Meriah , Lukman Hakim, Anggota Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Gayo Lues (HIPPEMAGAS), Sulaiman Datu, Ketua Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Aceh Tengah (IPPEMATA), Sina Prayoga dan Ketua Paguyuban Aceh Selatan, Sahibul Marwah. (RED)

Berita Terkait

Proyek Peningkatan Struktur Jalan Kedah – Kongbur Diduga Asal Jadi
Antoni Berampu Kacapdin wilayah Aceh Singkil Subulussalam Berikan Apresiasi Kepada Komite Sekolah, Kompak Bersama Masyarakat
Memilukan, Warga Kampung Pertik Terbaring Sakit Dibawa Pakai Pickup, Meninggal Dunia di Tengah Jalan
Ketua TKN Aceh Mualem Apresiasi dan Dukung Penuh Capres Prabowo-Gibran
Beberapa Lokasi Judi Ikan Ikan Di Kecamatan Merek Meresahkan Masyarakat
Polres Tanah Karo Grebek Cafe Sambekan Desa Lau Pengulu, 14 Orang Postif Diamankan , ‘JS’ Pemilik Cafe Ikut Ditangkap , LIRA Sumut Minta Kafe Makaro Ditutup .
Kader Hanura Sanggah Mosi Tak Perca Soal Pergantian pimpinan ketua BKD seperti salah minum Obat, Tidak Memahami Aturan
Kunjungan Kerja dan Asistensi Tim Pamatwil Polda Aceh di Polres Subulussalam.

Berita Terkait

Rabu, 1 Mei 2024 - 22:27 WIB

Kapolsek Tigalingga bersama dengan Anggota bantu lakukan Gotong Royong Penimbunan Jalan Akibat Longsor

Selasa, 30 April 2024 - 21:33 WIB

Memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Perlombaan Lari Tingkat Pelajar, Polres Dairi hadir dalam melakukan Pengamanan

Selasa, 30 April 2024 - 05:58 WIB

Pemilu Berjalan Dengan Kondusif Di kabupaten Dairi, Ketua KPU Sampaikan Apresiasi Dan Terimakasih Kepada Polres Dairi

Jumat, 26 April 2024 - 02:07 WIB

Kapolres Dairi Gelar Audensi Bersama PB LKP Terkait Penghinaan Suku Pakpak

Rabu, 24 April 2024 - 20:06 WIB

Polsek Tigalingga Lakukan Peninjauan Terhadap jalan yang Putus Akibat Longsor

Selasa, 23 April 2024 - 03:22 WIB

Drs Danjor Nababan, M.M. M.Si Mendaftar Balon Bupati Dairi 2024-2029,ke-PDIP dan Partai Golkar

Jumat, 19 April 2024 - 19:26 WIB

Kunker ke Polres Dairi, Kapolda Sumut : Motivasi Anggota Polri Tetap Solid dan Jaga Loyalitas

Selasa, 2 April 2024 - 15:32 WIB

Polres Dairi Ringkus Empat Pelaku Pencurian Cabai milik warga

Berita Terbaru