KPU Dairi Sosialisasikan Tahapan & Jadwal Pilkada Serentak Tahun 2024

- Redaksi

Rabu, 1 Mei 2024 - 10:19 WIB

50246 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dairi Bara News –  Ketua KPU Dairi,  Ariyanto Tinendung Menyampaikan kata sambutan dalam sosialisasi tahapan dan jadwal Pilkada Serentak tahun 2024, Selasa (30/4/2024).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi, Mensosialisasikan tahapan dan jadwal pemilihan kepala daerah (Pilkada), Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/ Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota serta persiapan penerimaan dukungan pencalonan perseorangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati Dairi pada Pilkada Serentak, 27 November 2024 mendatang.

Sosialisasi digelar di One’s Hotel kompleks SMKN 1 Sidikalang, Selasa (30/4/2024). Sebelum kegiatan, Sekretariat KPU Dairi, memperkenalkan 5 Komisioner KPU Dairi periode 2024-2029.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ketua KPU, Aryanto Tinendung. Ariyanto merupakan incumbent. Selanjutnya, Asih Firmansyah Solin. Asih juga, merupakan incumbent. Kemudian, tiga lagi merupakan wajah baru di KPU Dairi yakni Anggiat Gabe Maruli Tua Sinaga, Ridwan Hendra Agustinus Samosir dan Rono Anto Sinaga.

Ketua KPU Kabupaten Dairi, Ariyanto Tinendung menyampaikan, ” saya sebagai Ketua, karena diberi kepercayaan oleh rekan-rekam komisioner untuk belajar sebagai pimpinan di KPU Dairi ini,

Baca Juga :  Sat Sampta Polres Dairi Gelar Patroli Dialogis Cegah Terjadinya Guantibmas

Dalam kesempatan itu, Ariyanto menyampaikan apresiasi kepada pihak terkait, partai politik (Parpol), masyarakat termasuk Media, sudah mendukung KPU Dairi dalam mensosialisasikan tahapan Pemilu, sehingga pelaksanaan pemilihan Presiden/Wakil Presiden dan calon anggota legislative pada Pemilu, 14 Februari 2024 lalu berjalan dengan baik dan partisipasi pemilih di Dairi cukup tinggi.

“Kami berharap, sosialisasi yang kita laksanakan hari ini bisa kita ikuti dengan baik sehingga semua tahapan dan jadwal yang kita sampaikan bisa kita ikuti dan laksanakan dengan baik. Karena tahapan untuk pesta demokrasi Pilkada serentak, 27 November 2024 mendatang sudah kita mulai,”ucap Aryanto.

Komisioner KPU , Bidang Koordinator Divisi Teknis dan Partisipasi Masyarakat, Asih Firmansyah memaparkan, sesuai informasi dari Mahkamah Konstitusi (MK), di Dairi tidak ada sengketa Pemilu Pilpres dan Pilcaleg tahun 2024.

Lanjut Asih, sementara untuk Pilkada serentak pada, 27 November 2024, tahapan sudah berjalan sejak 26 Januari 2024 lalu yakni penyusunan peraturan, perencanaan dan penyerahan daftar potensial pemilu.

Baca Juga :  Pemilu Berjalan Dengan Kondusif Di kabupaten Dairi, Ketua KPU Sampaikan Apresiasi Dan Terimakasih Kepada Polres Dairi

Data yang dipakai untuk Pilkada serentak nanti, daftar pemilih tetap (DPT) yang terakhir yaitu DPT Pemilu, 14 Feberuari 2024 lalu dan DP4 yang diserahkan Kemendagri.

Dan syarat calon Bupati Dairi dari jalur Perseorangan (Independen) sebanyak 10 persen dari DPT terakhir. DPT Dairi pada Pemilu, 14 Februari 2024 sebanyak 227.220 pemilih.

Sehingga, syarat pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Dairi dari jalur perseorangan, minimal melengkapi 22.722 surat dukungan.

Diterangkan Asih, penyerahan dukungan dilakukan melalui aplikasi silon. “KPU tidak menerima penyerahan dukungan secara fisik,”tandasya.

Dukungan diserahkan mulai 8-12 Mei 2024. Selanjutnya, dukungan akan diverifikasi secara administratif. “Hanya dukungan yang memenuhi syarat dengan jumlah minimum diverifikasi.

KPU akan meneruskan dokumen dukungan hingga ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). Bila terjadi kekurangan semisal akibat dukungan ganda, maka dukungan dilengkapi sebanyak 2 kali lipat,ungkap Asih Solin.(Luga Siregar)

Berita Terkait

Sat Reskrim Polres Ringkus Pelaku KDRT, Akibat Tolak Cerai Dengan Istri
Polres Dairi Gelar Upacara Persemayaman dan Pemakaman Secara Tradisi Kepolisian Almarhum BRIPKA JECKY LEONARDO SITEPU
Seorang Kakek di Dairi, Diringkus Sat Reskrim Polres Dairi Usai Lakukan Cabul ke Tetangganya
Kasus Istri Dipukul Suami Hingga Muntah Darah, Sat Reskrim Polres Dairi Ringkus Pelaku Di Sumbul
Sat Reskrim Polres Dairi Ringkus Pelaku Cabul, Modus Ingin Nikahi Korban
Cegah Kejahatan Malam, Polres Dairi Tingkatkan Patroli Blue Light
Sat Reskrim Polres Dairi Berhasil Ringkus 2 Wanita Kasus Pencurian di Sidikalang
Waka Polres Dairi Sosialisasikan Untuk Cegah Bullying Di Sekolah

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 03:18 WIB

Kapolres Simalungun Resmikan Bedah Rumah dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78

Sabtu, 15 Juni 2024 - 02:02 WIB

Pemkab Simalungun Terima Penghargaan Nominasi TPID Award 2024 Kawasan Pulau Sumatera

Kamis, 13 Juni 2024 - 06:40 WIB

Klarifikasi Tokoh Masyarakat Batak Mengenai Insiden Kapolsek Perdagangan Membentak Wartawan

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:24 WIB

Patroli Kasat Lantas Polres Simalungun IPTU Jonni Antisipasi Geng Motor dan Truk ODOL

Jumat, 7 Juni 2024 - 06:05 WIB

Polres Simalungun Ajak Masyarakat Ikuti Lomba Kreatif HUT Bhayangkara ke-78

Jumat, 7 Juni 2024 - 05:43 WIB

Sat Lantas Polres Simalungun Gelar Blue Light Patrol, Jaga Keamanan dan Ketertiban Lalu Lintas Dimalam Hari

Sabtu, 1 Juni 2024 - 22:39 WIB

Polres Simalungun Gelar Upacara Peringatan Harlah Pancasila 2024, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Sabtu, 1 Juni 2024 - 16:59 WIB

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Dampingi Kapolres Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Berita Terbaru