Joko Situmeang Kecam Aksi Brutal Ketua DPRD Tapteng Pukuli Warga

- Redaksi

Jumat, 15 Desember 2023 - 13:34 WIB

50412 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tapanuli Tengah – baranewssumut.com. Aksi pemukulan yang diduga dilakukan Ketua DPRD Tapteng berinisial KKP terhadap salah seorang warga yang diketahui bernama Raju Firmanda Hutagalung menuai banyak kritikan dari berbagai elemen masyarakat dan praktisi hukum.

Kritikan tersebut juga turut disampaikan oleh salah satu praktisi hukum, Joko Pranata Situmeang. Menurutnya, aksi pememukulan tersebut mencerminkan arogansi yang bisa jadi karena memiliki kekuasaan dan jabatan.

Joko menyatakan, rakyat saat ini sangat kritis kepada seluruh pejabat dan anggota dewan serta mereka yang memiliki kekuasaan apalagi kekuasaan politik. Sikap sewenang-wenang dan arogansi di era digital saat ini sangat mudah tular di media sosial.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Aksi brutal ini sangat sangat kita sayangkan, apa lagi pelakunya seorang ketua DPRD, secara etika seorang pejabat berbuat seperti itukan sangat memalukan. Ini pejabat publik mempertontonkan sifat arogansinya. Jangan mentang-mentang punya kekuasaan dan jabatan lalu semenah-menah kepada masyarakat. Ingat anda itu menjadi Wakil rakyat karena anda itu dipilih rakyat, anda itu tidak akan bisa seperti sekarang ini kalau bukan karena masyarakat,” kata Joko.

Baca Juga :  Polsek Medan Baru Amankan Salah Satu Pelaku Pengutipan Mau Loading Muat Mobil Diminta Rp.50 Ribu

Selain itu, Joko Pranata Situmeang juga menyatakan, mereka yang punya kekuasaan saat ini termasuk kekuasaan politik harusnya menjadi contoh yang baik kepada masyarakat. Mereka juag harus memahami kekuasaan itu dimaknai sebagai amanah bukan kesewenang-wenangan.

“Sebagai pejabat publik harusnya memiliki etika dan moral, menjadi panutan ditengah-tengah masyarakat. Kalau tidak mau dikritik jangan jadi pejabat. Pejabat itu harus siap dikritik, karena dari kritikan itu kita tau apa kekurangan yang perlu dibenahi, bukan justru mengintimidasi orang-orang yang mengkritik. Karena kritikan itu adalah hal wajar, masyarakat punyak memberikan kritikan kepada wakil rakyat,” tegas Joko.

Joko juga menegaskan, tindakan oknum Ketua DPRD tersebut tidak bisa ditolerin dan harus diproses secara hukum. Terlebih saat ini masih dalam suasana tahun politik, harusnya menjaga kenyamanan, kekondusifan dan menjaga kedamaian, buka justru menjadi pemicu terjadinya ketidak harmonisan di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga :  Ketua KPK Firli Bahuri Tersangka, Diminta Mundur dan Terancam Hukuman Seumur Hidup

“Dalam permasalahan ini Kita meminta Polres Tapteng agar menindak tegas pelaku ini, bila hal ini dibiarkan, tidak tertutup kemungkinan akan bisa terjadi lagi kepada masyarakat lain. Dan bila itu terjadi, maka bisa terjadi ketidak percaya masyarakat atas kinerja Kepolisian. Terlebih saat ini tengah memasuki Pesta demokrasi,”ujar Joko.

Ketegasan tersebut disampaikan Joko Pranata Situmeang mengingat adanya penandatanganan deklarasi Pemilu Damai 2024 yang di Polres Tapanuli Tengah pada hari senin 4 Desember 2023 lau.

“Harusnya ketua DPRD ini memberikan contoh, himbauan kepada masyarakat untuk menciptakan situasi yang aman, kondusif, damai, harmonis sebagaimana yang telah disepakati bersama oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, komisioner KPU, komisioner Bawaslu, TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan, dan ketua ketua Partai beberapa waktu lalu,” pungkasnya. ().

Berita Terkait

Antoni Berampu Kacapdin wilayah Aceh Singkil Subulussalam Berikan Apresiasi Kepada Komite Sekolah, Kompak Bersama Masyarakat
Dipimpin Kanit Reskrim AKP Japri Simamora, Polsek Percut Sei Tuan Tangkap Tiga Tersangka Kasus Pencurian
Sat Narkoba Menggelar Operasi Grebek Kampung Narkoba, Berhasil Tangkap Dua Tersangka di Simalungun
Satresnarkoba Polrestabes Medan Kembali Gerebek “Lembah Sunggal”
Sat Narkoba Polres Pelabuhan Belawan Berhasil Tangkap Pengedar Shabu di Tanjung Mulia
Sat Narkoba Menggelar Operasi Grebek Kampung Narkoba, Berhasil Tangkap Dua Tersangka di Simalungun
Polda Sumut Tangkap Jaringan Aceh Sulawesi Selundupkan Narkoba di Bandara Kualanamu
Delapan Saksi Diperiksa KPK dalam Perkara Suap Bupati Labuhan Batu

Berita Terkait

Minggu, 3 Maret 2024 - 19:10 WIB

Santer, Terima Uang Ratusan Juta Dari Caleg DPR RI Untuk Mendulang Suara, Ketua PPK Bilah Hilir Sebut Kerjasama Dengan Kades dan Mantan Kades.

Minggu, 3 Maret 2024 - 16:08 WIB

PPK Kecamatan Bilah Hilir Diduga Otak-atik Hasil Perolehan Suara Caleg Pada Tingkat Kabupaten/Kota Dalam Pemilu 2024.

Jumat, 1 Maret 2024 - 17:16 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Jumat, 1 Maret 2024 - 16:14 WIB

Pihak SMAN 1 Panai Hilir Bersama Orang Tua Siswi Bermaaf-maafan Hanya Karena Miskomunikasi

Senin, 19 Februari 2024 - 22:32 WIB

Sinergitas TNI-POLRI Dalam Pengamanan Pleno Rekapitulasi di Tingkat PPK di Wilayah Hukum Polsek Bilah Hilir.

Senin, 19 Februari 2024 - 21:10 WIB

Pastikan Rapat Pleno Berjalan Aman dan Lancar, Plt. Bupati Labuhanbatu Tinjau Langsung Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

Senin, 19 Februari 2024 - 18:11 WIB

Hari Kesaktian Kesadaran Nasional, Pidato Bupati Labuhanbatu Ingatkan ASN Berikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

Selasa, 13 Februari 2024 - 19:37 WIB

Camat Bilah Hilir Didampingi Forkopincam Memonitoring Langsung Proses Penyaluran Logistik Pemilu Serentak 2024

Berita Terbaru

DELI SERDANG

PPK Tanjung Morawa Diduga Mafia Penggelembungan Suara

Senin, 4 Mar 2024 - 00:18 WIB