Tentang Lampu Jalan, Ini Kata Kadis PRKP Kota Pematang Siantar

- Redaksi

Jumat, 22 September 2023 - 10:01 WIB

50279 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pematang Siantar – Lampu penerangan jalan umum (PJU) berfungsi untuk memberikan pencahayaan buatan bagi pengguna jalan sehingga merasa aman dan nyaman dalam melakukan kegiatan di malam hari.

Sementara, Berdasarkan Badan Standarisasi Nasional (BSN), penerangan jalan dikawasan perkotaan mempunyai fungsi yakni, Meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, khususnya pada malam hari; Menghasilkan kekontrasan antara obyek dan permukaan jalan yang menyerupai kondisi pada siang hari; Sebagai alat bantu navigasi pengguna jalan; Mendukung keamanan lingkungan dan mencegah kriminalitas; Memberi keindahan lingkungan jalan.

Sementara itu, Di kota Pematang Siantar banyak terdengar keluhan masyarakat tentang kondisi lampu jalan yang terkesan sebagai monumen tanpa perhatian. Pasalnya, banyak lampu jalan yang padam, otomat rusak sehingga saat menyalakan harus manual, selain itu adanya tiang lampu jalan yang tidak layak digunakan dan masih berdiri tegak dengan kondisi tiang besi yang keropos dan belum direvitalisasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Salah satu yang diperhatikan dan ditelusuri oleh wartawan seperti kondisi lampu jalan di Kelurahan Kahean, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematang Siantar, yang ditemukan banyak Tiang Lampu jalan yang tidak layak pakai, dengan model jaman dulu, serta padam dan rusak. Rabu, (20/08/2023).

Baca Juga :  Kapolres Pematang Siantar Dan Kaperwil Media Jaya Pos Sumatera Utara Jalin Komunikasi

Seperti dituturkan seorang warga bermarga garingging di seputaran Jl. meranti, menyebutkan jika lokasi mereka seperti anak tiri.
“Lalap padam lampu jalan disini, sementara saat bayar listrik kan dipotongnya itu pajak penerangan lampu jalan (PPJU), tapi kenapa kami tidak merasakan terangnya lampu jalan ini?,” ujarnya.

Begitupun salah seorang warga yang tidak sebutkan namanya saat ditemui di Jl.Damar menyampaikan keluh kesahnya kepada wartawan, “Cocok klen perhatikan lampu jalan ini bang, karena sudah lama kali lampu jalan ini. Ada yang keropos, biar kalian tanyakan dulu ke dinas terkait. Biar dilihat mereka ini. Entah apa kerja mereka. Masa mereka tidak cek semua lampu jalan, dan tiangnya,” ungkapnya dengan nada kesal.

Terima informasi tersebut, pada hari Kamis, (21/09/2023), Lurah Kahean Aprita Pronika Sagala,S.Si,M.Si saat dikonfirmasi sekira pukul 16.00 wib, menyampaikan jika keluhan warga sudah diterima dan sudah diteruskan ke PRKP Kota Pematang Siantar.

“Sudah kita Surati ke Dinas Perumahan tanggal 08/09/2023 dan kita telah tembuskan juga ke pimpinan di Kecamatan. Selain surat, kita juga sudah WA Kabidnya tapi tidak ada balasan sama sekali. Jadi kita tunggu saja tindaklanjut mereka Pak. Karena kita di Kelurahan dan Kecamatan hanya sebagai Fasilitator antara warga dan Dinas ataupun Instansi terkait atas menjawab keluhan warga,” katanya dan menambahkan jika tidak ada stock lampu Jalan dan petugas khusus lampu jalan di Kelurahan maupun di Kecamatan.

Baca Juga :  Bane Raja Manalu Motivasi Pelajar Untuk Mencapai Kesuksesan

Atas informasi yang dikumpulkan oleh wartawan, Kadis PRKP Kota Pematang Siantar Christina Risfani Sidauruk, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, (22/09/2023) sekira pukul 07.48 Wib, tentang kondisi keluhan warga atas penerangan lampu jalan, sehingga terkesan vakum untuk menjawab keluhan masyarakat di Kota Pematang Siantar khususnya di Kelurahan Kahean, menyampaikan untuk segera menindaklanjuti informasi tersebut.

“Baru tiba pesanan lampu pak..Jadi pkp sudah mulai memperbaiki dan mengganti lampu sejak kamis 21 september.. Semua laporan sudah dijadwalkan… Mohon maaf karena hampir 10 hari terkendala…Segera ditindaklanjuti pak..tks,” Tutupnya.

Penulis : Andrew T Panjaitan.ST

Berita Terkait

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Pemko Pematangsiantar Gelar Pasar Murah
Para Camat Terima DHKP dan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang SPPT PBB P-2 2024 Dari Wali Kota Pematangsiantar
Masjid Nurul Iman Terima Hibah 50 Juta Dari Pemko Pematangsiantar
Danrem 022/PT Pimpin Sertijab 3 Dandim di Jajarannya
Kapolres Simalungun Ucapkan Selamat dan Sukses Malam Pisah Sambut Dandim 0207/Simalungun Berlangsung Khidmat
Babak Baru Gugatan IWSBC Pada Paradep Dan Wali Kota
Kompleks Hunian diduga menjadi Terminal
Wali Kota Menerima Audiensi Panitia Natal Jurnalis Siantar-Simalungun

Berita Terkait

Sabtu, 4 Mei 2024 - 20:58 WIB

Warga Desa Sei Siarti, Pasien Anak Penderita Kelainan Jantung Dikunjungi Plt. Bupati Labuhanbatu di RSUD Rantauprapat.

Sabtu, 4 Mei 2024 - 17:44 WIB

Lama terletak, Sampah Menumpuk Dipinggir jalan Benteng Hilir Baru diangkut.

Sabtu, 4 Mei 2024 - 14:29 WIB

Kecamatan Bilah Hilir Berhasil Raih Juara Umum FSQ ke- 38 Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu.

Sabtu, 4 Mei 2024 - 12:59 WIB

Kampret Sembunyikan Sabu Dibawah Asbak Rokok Diamankan Personel Polsek Panai Tengah.

Jumat, 3 Mei 2024 - 20:36 WIB

Disaksikan Ketua Dewan Pembina Ferdy Sembiring, DPC GRIB Jaya Medan Serahkan Mandat 24 PAC

Jumat, 3 Mei 2024 - 19:37 WIB

Pemkab Labuhanbatu Siap Berkolaborasi Dengan Kodim 0209/LB Melaksanakan TMMD ke-120 di Desa Selat Beting Kecamatan Panai Tengah.

Jumat, 3 Mei 2024 - 15:04 WIB

Memperebutkan Piala Plt Bupati Labuhanbatu, Turnamen Futsal Tingkat Pelajar SD dan SMP se- Labuhanbatu tahun 2024 Resmi Dibuka.

Jumat, 3 Mei 2024 - 08:02 WIB

Pj Bupati Apresiasi Program Jaksa Jaga Desa

Berita Terbaru

PAKPAK BHARAT

Kapolres Pakpak Bharat Pimpin Pemusnahan Narkotika Jenis Ganja

Minggu, 5 Mei 2024 - 04:41 WIB