Tentang Lampu Jalan, Ini Kata Kadis PRKP Kota Pematang Siantar

BARA NEWS SUMUT

- Redaksi

Jumat, 22 September 2023 - 10:01 WIB

50141 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pematang Siantar – Lampu penerangan jalan umum (PJU) berfungsi untuk memberikan pencahayaan buatan bagi pengguna jalan sehingga merasa aman dan nyaman dalam melakukan kegiatan di malam hari.

Sementara, Berdasarkan Badan Standarisasi Nasional (BSN), penerangan jalan dikawasan perkotaan mempunyai fungsi yakni, Meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, khususnya pada malam hari; Menghasilkan kekontrasan antara obyek dan permukaan jalan yang menyerupai kondisi pada siang hari; Sebagai alat bantu navigasi pengguna jalan; Mendukung keamanan lingkungan dan mencegah kriminalitas; Memberi keindahan lingkungan jalan.

Sementara itu, Di kota Pematang Siantar banyak terdengar keluhan masyarakat tentang kondisi lampu jalan yang terkesan sebagai monumen tanpa perhatian. Pasalnya, banyak lampu jalan yang padam, otomat rusak sehingga saat menyalakan harus manual, selain itu adanya tiang lampu jalan yang tidak layak digunakan dan masih berdiri tegak dengan kondisi tiang besi yang keropos dan belum direvitalisasi.

Salah satu yang diperhatikan dan ditelusuri oleh wartawan seperti kondisi lampu jalan di Kelurahan Kahean, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematang Siantar, yang ditemukan banyak Tiang Lampu jalan yang tidak layak pakai, dengan model jaman dulu, serta padam dan rusak. Rabu, (20/08/2023).

Baca Juga :  Keren ! Narapidana Lapas Pematang Siantar Kanwil Kumham Sumut Sukseskan Ketahanan Pangan Nasional

Seperti dituturkan seorang warga bermarga garingging di seputaran Jl. meranti, menyebutkan jika lokasi mereka seperti anak tiri.
“Lalap padam lampu jalan disini, sementara saat bayar listrik kan dipotongnya itu pajak penerangan lampu jalan (PPJU), tapi kenapa kami tidak merasakan terangnya lampu jalan ini?,” ujarnya.

Begitupun salah seorang warga yang tidak sebutkan namanya saat ditemui di Jl.Damar menyampaikan keluh kesahnya kepada wartawan, “Cocok klen perhatikan lampu jalan ini bang, karena sudah lama kali lampu jalan ini. Ada yang keropos, biar kalian tanyakan dulu ke dinas terkait. Biar dilihat mereka ini. Entah apa kerja mereka. Masa mereka tidak cek semua lampu jalan, dan tiangnya,” ungkapnya dengan nada kesal.

Terima informasi tersebut, pada hari Kamis, (21/09/2023), Lurah Kahean Aprita Pronika Sagala,S.Si,M.Si saat dikonfirmasi sekira pukul 16.00 wib, menyampaikan jika keluhan warga sudah diterima dan sudah diteruskan ke PRKP Kota Pematang Siantar.

“Sudah kita Surati ke Dinas Perumahan tanggal 08/09/2023 dan kita telah tembuskan juga ke pimpinan di Kecamatan. Selain surat, kita juga sudah WA Kabidnya tapi tidak ada balasan sama sekali. Jadi kita tunggu saja tindaklanjut mereka Pak. Karena kita di Kelurahan dan Kecamatan hanya sebagai Fasilitator antara warga dan Dinas ataupun Instansi terkait atas menjawab keluhan warga,” katanya dan menambahkan jika tidak ada stock lampu Jalan dan petugas khusus lampu jalan di Kelurahan maupun di Kecamatan.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Resmikan Terminal Tipe A Tanjung Pinggir Pematang Siantar

Atas informasi yang dikumpulkan oleh wartawan, Kadis PRKP Kota Pematang Siantar Christina Risfani Sidauruk, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, (22/09/2023) sekira pukul 07.48 Wib, tentang kondisi keluhan warga atas penerangan lampu jalan, sehingga terkesan vakum untuk menjawab keluhan masyarakat di Kota Pematang Siantar khususnya di Kelurahan Kahean, menyampaikan untuk segera menindaklanjuti informasi tersebut.

“Baru tiba pesanan lampu pak..Jadi pkp sudah mulai memperbaiki dan mengganti lampu sejak kamis 21 september.. Semua laporan sudah dijadwalkan… Mohon maaf karena hampir 10 hari terkendala…Segera ditindaklanjuti pak..tks,” Tutupnya.

Penulis : Andrew T Panjaitan.ST

Berita Terkait

Ini Nama Para ASN Eselon IVA Dan IVB Pemko Pematang Siantar Yang Dilantik
Kreatif, Lurah Kahean Gunakan Toa, Brosur, Hingga Medsos Himbau PBB Warganya
Team Korda dan Korcam Ganjar di Seluruh Kecamatan Kota Pematang Siantar Gelar Silaturahim
Kapolres Pematang Siantar Laksanakan Konferensi Pers Ungkap Kasus Curanmor
Terapkan Program LISA, Lurah Kahean Ngutip Sampah di Pinggir Jalan
Bane Raja Manalu Motivasi Pelajar Untuk Mencapai Kesuksesan
Humas Bungkam Saat Dikonfirmasi Pipa Bocor Di Sumber Jaya, Warga Nilai Perumda Tirtauli BUMD Dengan Layanan Terburuk
Sempat Hendak Dijual, Mortir Temuan Warga Diledakkan Brimob

Berita Terkait

Jumat, 8 Desember 2023 - 17:41 WIB

Bupati Labuhanbatu Hadiri Perayaan Sambut Natal 2023 Oleh PWKKP Pangkatan dan Berikan Hadiah Baju Dinas Kepada Pengurus.

Kamis, 7 Desember 2023 - 21:06 WIB

Ulang Tahun ke 24, DWP Labuhanbatu Laksanakan Anjangsana ke Panti Asuhan Putri Siti Khadijah Rantau Utara.

Rabu, 6 Desember 2023 - 15:56 WIB

Cegah Stunting, Bupati Labuhanbatu Kunjungi SMPN 3 Rantau Utara Kegiatan Minum Tablet Tambah Darah Sekolah Bebas Anemia.

Selasa, 5 Desember 2023 - 20:09 WIB

Dinas PMD Labuhanbatu Gelar Sosialisasi Sinergitas Program Pemerintah Daerah Serta Prioritas Penggunaan DD 2024.

Selasa, 5 Desember 2023 - 16:30 WIB

Kegiatan Sosialisasi Pengembangan Profesionalitas ASN di Labuhanbatu, Ini Penyampaian Asisten I dan Narasumber Lainya:

Senin, 4 Desember 2023 - 15:32 WIB

Asisten 1 Sarimpunan Hadiri Talk Show Problematika Hukum Waris Islam Dan Harta Bersama Dalam Perkawinan.

Senin, 4 Desember 2023 - 14:55 WIB

Bupati Erik Adtrada Menyaksikan Laga Final Persija FC VS SP4 A FC Pada Turnamen Sei Jawa-jawi CUP.

Sabtu, 2 Desember 2023 - 21:21 WIB

Perayaan HGN dan PGRI ke-78, Bupati Erik Adtrada Sampaikan Kabar Gembira Kepada Guru se-Labuhanbatu.

Berita Terbaru