Pakar Sebut Rizal Ramli Tokoh Pembaharuan yang Dirindukan Publik

- Redaksi

Selasa, 4 April 2023 - 18:49 WIB

50121 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA | Sejumlah tokoh digadang-gadang  bakal maju di pemilihan preaiden 2024 mendatang. Sebut saja, tua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Puan Maharani, sampai capres alternatif Rizal Ramli

Menurut pakar politik dari American Global University (AGU) Jerry Massie nama tokoh yang identik dengan konsep concern, building and changing tak lain adalah mantan Menko Ekonomi era Mendiang Presiden Gus Dur Rizal Ramli.

Rizal sudah teruji dalam urusan good and clean goverment, pemberantasan kemiskinan paling sukses dalam sejarah bangsa ini yakki dalam 2 tahun turun 10,2 juta. Dan adacyang mempu menyamai rekor peraih doktor dari Boston University ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Belum lagi tak ada impor dan beliau mempu menjaga stabilitas pangan terutama beeas., tarif listrik turun drastis, menolak intervensi asing sampai menyelamatkan bank tanpa bailout. Berbeda dengan era presiden lain.

Belum lagi, Rizal Ramli terkenal kritis ke bank dunia, debt-to-nature swap sampai economic forecast mulai dari brand market, market condition market condition sampai economic crisis

Yang mampu menyainhi dan menyamai rekor begawan ekonomi  era Soeharyo Widjojo Nitisastro, Ma’rie Muhammad dan Ali Whardana hanya RR yang berjuluk ‘Rajawali Kepret’ imi.

“Prabowo sulit menang pilprea begitupun Ganjar alasannya mereka titisan Jokowi. Program dan konsep Jokowi yang kurang efektif masih aka  dilanjutkan. Berbeda dengan Rizal Ramli yang berhaluan  right wing salah satu tokoh perubahan antitesa Jokowi.

Sebetulnya kata Jerry Anies dari sisi public policy baik,  tapi pernyataan Surya Paloh dimana konsep Jokowi akan dilanjutkannya membuat publik ragu-ragu. Ini terkesan bukan capres murni pembaharuan.

Baca Juga :  Mantan Kapoldasu Irjen Panca Simanjuntak Resmi Dilantik Jadi Sekretaris Utama di Lemhannas

“Saya pikir Rizal aktivis yang berani, getol membela kepentingan kaum marjinal, sampai jujur dan bukan tipikal hedodisme dan materialistis atau figur yang memperkaya diri. Jadi akan ada pembaharuan masif jika dia memimpin bangsa ini,” kata Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ini.

Sementara pengamat politik lainnya Aminudin secara tegas menyebut ekonom senior Dr Rizal Ramli. “Yang bisa membawa perubahan lebih baik saat ini hanya Dr. Rizal Ramli. Rizal Ramli sudah teruji mampu mengatasi krisis ekonomi dan tata pemerintahan yang baik,” papar Aminudin.

Aminudin menegaskan, saat Rizal Ramli menjabat menteri perekonomian kabinet Gus Dur tercatat tercepat atasi kemiskinan 4.29% setahun dan mengurangi kesenjangan ekonomi di Indonesia yang ditunjukkan oleh indikator rasio gini.

“Tercatat koofisien Gini Ratio terendah Indonesia sepanjang 50 tahun terakhir terjadi di akhir zaman Gus Dur, yaitu sebesar 0,31. Yang terdekat dengan capaian Gus Dur adalah era Suharto di tahun 1993, Gini Ratio sebesar 0,32,” jelasnya.

Selama era Gus Dur, lanjut Aminudin, tim sukses ekonomi mengurangi beban utang sebesar USD 4,15 miliar. Selain itu yang juga secara mengagumkan, ternyata pertumbuhan yang terjadi di era Gus Dur lebih berkualitas dibandingkan era pemerintahan setelah hingga Jokowi sekarang ini.

“Karena kuncinya sukses menekan inflasi dan membangkitkan sektor riil terutama pertanian. Kualitas yang berbeda dari era pasca Gus Dur, yang pertumbuhan ekonominya mengikuti memburuknya distribusi pendapatan,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengatakan, capres yang ada saat ini Prabowo, Ganjar dan Puan, apakah juga mempunya visi perubahan, Jerry menilai, selain Rizal Ramli, selain Rizal Ramli, tak ada visi perubahan untuk bangsa.

Baca Juga :  Terkait Pencopotan Brigjen Endar, Jokowi Minta Ketua KPK Ikuti Aturan

“Jadi capres yang saat ini selain Rizal Ramli, hanya adopsi grand design Jokowi. Jadi kalau bukan antitesa Jokowi maka akan sulit bagi calon manapun menang,” katanya.

Ganjar, sambung Jerry, saat ini posisinya sudah terganjal, apalagi Ganjar telah menolak timnas Israel dalam dunia sepak bola U-20. Prabowo juga akan melanjutkan program Jokowi salah satunya IKN di Kalimantan. Saat ini Prabowo telah berubah total, ia tak segarang waktu lalu, ketika dia belum bergabung dengan Jokowi

“Contohnya banyak kebijakan Jokowi yang tak pro rakyat tak dihadangnya,” paparnya kepada Harian Terbit, Minggu (2/4/2023).

Menurutnya, Rizal Ramli adalah ekonom terbaik tanah air dan peduli rakyat kecil. Selain itu Rizal Ramli juga mempunyai grand strategy ekonomi dan master plan yang kuat untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik dan lebih sejahtera ke depannya.

“Saya complain narasi Yusril yang tak melihat capres alternatif yang anti pencitraan bahkan anti oligarki. Kalau saya nilai apa yang disampaikan dia (Yusril) bukan tipe dia juga,” tandasnya.

Jerry mengemukakan, saat ini publik ingin pemimpin yang pintar, bukan pencitraan. “Kalau krisis ekonomi maka Rizal Ramli jagoannya. Kalau public policy maka Anies jawaranya. Kedua tokoh ini masih di atas Prabowo, Airlangga, Ridwan Kamil sampai Ganjar,” tambahnya. Safari (RED)

Berita Terkait

DPP BARAJP Adakan Rapat Pembentukan Desk Pilkada Daerah 2024
BARAJP Apresiasi Pernyataam Prabowo Tentang Keringat Yang Setia Hingga Akhir
KPK Sita Pabrik Kelapa Sawit Milik Tersangka Erik Adtrada Ritonga
Bakamla RI Terima Hibah Tanah dari Nias Selatan
Stafsus Mendagri Hasibuan Hadiri Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Lintas Etnis di Kota Medan
Gekrafs Sumut hadir di kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke 5 Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional
Antoni Berampu Kacapdin wilayah Aceh Singkil Subulussalam Berikan Apresiasi Kepada Komite Sekolah, Kompak Bersama Masyarakat
Delapan Saksi Diperiksa KPK dalam Perkara Suap Bupati Labuhan Batu
Tag :

Berita Terkait

Minggu, 12 Mei 2024 - 14:32 WIB

Sat Reskrim Polres Dairi Berhasil Ringkus BSN, Tersangka Kasus Penghinaan Suku Pakpak

Jumat, 10 Mei 2024 - 13:14 WIB

Polres Dairi Gelar Olahraga Bersama

Minggu, 5 Mei 2024 - 23:14 WIB

Sat Reskrim Polres Dairi meringkus 3 tersangka kasus penggelapan mobil jenis Daihasu Sigra plat BK 1075 WY di Jalan Lumban Toruan Kecamatan Lae Parira Kabupaten Dairi

Sabtu, 4 Mei 2024 - 01:02 WIB

Jalin Kedekatan Polri Antara Masyarakat, Polsek Sidikalang kota Gelar Jumat Curhat

Rabu, 1 Mei 2024 - 22:27 WIB

Kapolsek Tigalingga bersama dengan Anggota bantu lakukan Gotong Royong Penimbunan Jalan Akibat Longsor

Rabu, 1 Mei 2024 - 10:19 WIB

KPU Dairi Sosialisasikan Tahapan & Jadwal Pilkada Serentak Tahun 2024

Selasa, 30 April 2024 - 21:33 WIB

Memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Perlombaan Lari Tingkat Pelajar, Polres Dairi hadir dalam melakukan Pengamanan

Selasa, 30 April 2024 - 05:58 WIB

Pemilu Berjalan Dengan Kondusif Di kabupaten Dairi, Ketua KPU Sampaikan Apresiasi Dan Terimakasih Kepada Polres Dairi

Berita Terbaru

PADANG LAWAS UTARA

Pemkab Paluta Kembali Terima WTP Berturut-Turut

Minggu, 19 Mei 2024 - 01:21 WIB

PERISTIWA

Bus Terbalik di Toba, 2 Orang Meninggal Dunia

Sabtu, 18 Mei 2024 - 22:58 WIB

HUKUM & KRIMINAL

Penangkapan Erianto Gurning Oleh Polres Labuhan Batu, Patut Dipertanyakan

Sabtu, 18 Mei 2024 - 22:42 WIB