Syuting Perdana Film “Tulang Belulang Tulang” Karya Sammaria Sari Simanjuntak

- Redaksi

Rabu, 10 Mei 2023 - 01:49 WIB

50845 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bara News || HUMBAHAS – Film Panjang komedi berjudul “Tulang Belulang Tulang” mulai diproduksi pada awal bulan Mei 2023. film “Tulang Belulang Tulang” merupakan film karya Sammaria Sari Simanjuntak dan Lies Nanci Supangkat yang diproduksi oleh Adhya Pictures dan Pomp Films serta didukung oleh Direktorat Perfilman, Musik dan Media, Direktorat Jenderal Kebuyaan dan Kemendikbudristek.

Dalam acara Media Gathering Syuting Perdana film “Tulang Belulang Tulang” yang dilaksanakan di Caffee Hotel Ayola, Dolok Sanggul, Kab. Humbahas (Sumut), Sammaria Sari Simanjuntak menjelaskan bahwa film “Tulang Belulang Tulang” adalah sebuah cerita menarik tentang Budaya adat istiadat Suku Batak “Mangongkal Holi”( dibaca : Mangokkal Holi) adat istiadat kebanggaan Batak yaitu merupakan uapacara adat Batak. Upacara Adat Batak ini dilakukan dengan membongkar kembali makam (Udean) leluhur untuk mengumpulkan sisa sisa Tulang Belulang (Holi-holi) dan memindahkannya ke bangunan Tugu (Simin).

Gambar | Sammaria Sari Simanjuntak Dalam Acara Media Gathering

“ Saya Batak yang lahir di Bandung, Ide film Tulang Belulang Tulang ini terinspirasi dari kejadian sehari-hari dikeluarga kami, saya melihat budaya Mengokkal Holi sebenarnya sisi baiknya sangat banyak sekali, mempererat ikatan kekeluargaan, mengenal kampung halaman dan betapa indahnya Danau Toba. Dan sisi yang memberatkan juga karena upacara ini adalah merupakan kebanggaan Keluarga, sehingga tidak melaksanakan upacara itu dengan kecil, berusaha harus besar, kadang-kadang saya melihat hilangnya esensinya atau makna yang Indah sebenarnya dari mangokkal Holi itu.” jelas Sammaria Sari Simanjuntak dalam acara Media Gathering tersebut.(09-05-2023)

Baca Juga :  Bupati Humbahas Pimpin Rakor Konvergensi Penurunan Stunting

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sammaria Sari juga menjelaskan bahwa dalam film “Tulang Belulang Tulang” untuk mengingatkan kembali bahwa membuat Tugu (Simin) adalah usaha untuk membuat untuk diingat orang, dan tidak dilupakan. Namun menurutnya hal yang paling penting adalah apa yang kita ingat.

“ Sebenarnya membuat Tugu (Simin) itu adalah usaha kita untuk diingat orang, biar kita tidak dilupakan. Tapi yang paling penting sebenarnya adalah apa yang kita ingat.” Sambungnya.

Dalam Film Panjang Komedi “Tulang Belulang Tulang” tersebut, Sammaria Sari Simanjuntak mengatakan bahwa kekeluargaan itulah esensi yang sebenarnya dari adat mangokkal Holi tersebut.

Adhya Picture selaku partner produksi film “Tulang Belulang Tulang” ini pun menuturkan alasan mereka dalam memproduksi film ini.

Gambar || Media Gathering

“ Ide cerita film ini sangat menarik, sebuah drama komedi keluarga yang sarat dengan pesan moral dan muatan lokal, tidak menggurui namun sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari karena kemasannya yang ringan. Kami yakin film ini bisa menjadi hiburan dan penambah pengetahuan budaya lokal,” pungkas Ricky Wijaya Adhya Group dan Adhya Pictures.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ahmad Mahendra mengapresiasi pelaksanaan produksi film ini sebagai satu cara untuk pelestarian dan pemajuan kebudayaan. Terlebih Indonesia yang sangat kaya akan budaya yang dapat diangkat menjadi suatu narasi kuat bernuansa lokal untuk dapat dikembangkan menjadi film. Selain menggambarkan nilai-nilai hidup pada masyarakat adat, film ini juga memiliki nilai kearifan lokal yang menarik menjadi hiburan masyarakat.

Baca Juga :  Polisi Kreatif Dari Polres Humbahas Ubah Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur
Gambar || Syukuran Potong Nasi Tumpeng Syuting Perdana Film ” Tulang Belulang Tulang”

“ Kemendikbudristek terus memperioritaskan kebebasan masyarakat dalam berkarya, tentunya untuk mengembangkan nilai-nilai budaya salah satunya melalui film” tegas Mahendra.

Kemendikbudristek akan terus berkomitmen melalui berbagai program strategis guna mendukung film berbasis lokal yang bernilai global. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kesempatan dan dukungan yang diberikan kepada Sisneas Indonesia untuk bersaing dikancah internasional. Salah satu contohnya adalah beberapa film hasil Kompetisi Produksi Film Pendek dari tahun 2021 dan 2022 yang memenangkan penghargaan bergengsi diluar negeri antara lain :

• “Kabar Dari Kubur” yang menang pada Viddse Juree Asia Tahun 2022.

• “ Heirlooms” yang menembus Gandhara Independent Film Festival 2023.

• “Teh Tawar Untuk Akong” dan “Toya Dan Roh Seninya “ yang mendapat kesempatan tayang di market screening.

Dengan dimulainya produksi Film “Tulang Belulang Tulang” yang bermuatan lokal tersebut nantinya dapat menyenangkan hati penonton tingkat nasional maupun internasional.

“ Besar Harapan kami untuk membawa film ini diterima dan diapresiasi oleh masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri.” tutup Mahendra.

(Timbul.S)

Berita Terkait

Ulos Pengganti Kaca Jendela Pecah, Dana BOS diduga Diselewengkan
Kunjungan Kerja Pj Gubsu Dan Ny Dessy Hasanuddin Sempatkan Olah Raga Santai di Humbanghas
Bunda Paud Satika Simamora Soroti Kekerasan Seksual Anak Dalam Acara Apresiasi Anak Paud Se-Taput
Warga Mengapresiasi Bantuan Sumur Bor Dari Kapolres Humbahas
Insan Pers Di Humbahas Merasa Kecawa Jasa Publikasi Tak Kunjung Dibayarkan
Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, Ini Capaian Kinerja Kejari Humbahas Sampai Juli 2023
Gugatan Ketua DPRD Terhadap Bupati Humbahas Dikabulkan
Bupati Humbahas Letakkan Batu Pertama Pembangunan GBI Jalan Merdeka Doloksanggul

Berita Terkait

Minggu, 5 Mei 2024 - 08:09 WIB

Cek Fakta : Seorang Perempuan Mengaku Diberi Uang Terimakasih Diduga 2 Juta ?, Katakan Senpi Bukan Milik Godol ?

Minggu, 5 Mei 2024 - 07:12 WIB

Gawat..Pemko Medan Tidak Akui SKW ( Sertifikasi Kompetensi Wartawan) dari Negara yang dikeluarkan BNSP ( Badan Nasional Sertifikasi Profesi )

Sabtu, 4 Mei 2024 - 17:44 WIB

Lama terletak, Sampah Menumpuk Dipinggir jalan Benteng Hilir Baru diangkut.

Sabtu, 4 Mei 2024 - 16:55 WIB

MTQH ke-53 dan FSQ ke-38 Resmi Ditutup Plt. Bupati Labuhanbatu, Juara Umum MTQH Diraih Kec. Bilah Hulu dan FSQ Kec. Bilah Hilir.

Sabtu, 4 Mei 2024 - 14:29 WIB

Kecamatan Bilah Hilir Berhasil Raih Juara Umum FSQ ke- 38 Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu.

Sabtu, 4 Mei 2024 - 12:59 WIB

Kampret Sembunyikan Sabu Dibawah Asbak Rokok Diamankan Personel Polsek Panai Tengah.

Jumat, 3 Mei 2024 - 20:36 WIB

Disaksikan Ketua Dewan Pembina Ferdy Sembiring, DPC GRIB Jaya Medan Serahkan Mandat 24 PAC

Jumat, 3 Mei 2024 - 19:37 WIB

Pemkab Labuhanbatu Siap Berkolaborasi Dengan Kodim 0209/LB Melaksanakan TMMD ke-120 di Desa Selat Beting Kecamatan Panai Tengah.

Berita Terbaru

PAKPAK BHARAT

Kapolres Pakpak Bharat Pimpin Pemusnahan Narkotika Jenis Ganja

Minggu, 5 Mei 2024 - 04:41 WIB