Pj Bupati Ir Wiriya Alrahman MM : Kabupaten Deli Serdang Tegaskan Komitmen Untuk Penaggulangan Stunting 

- Redaksi

Kamis, 23 Mei 2024 - 10:11 WIB

5075 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Deli Serdang – Bara News

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menurunkan angka stunting secara nasional, salah satu strateginya adalah melalui pelaksanaan sepuluh aksi stunting yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 72 Tahun 2021 Tentang percepatan penurunan stunting.

“kita berkeyakinan bahwa tahun-tahun sebelumnya sepuluh aksi ini telah dilakukan, mungkin dalam pelaksanaannya kegiatan yang telah dilakukan harus dievaluasi supaya lebih efisien, efektif dan tepat sasaran,” Kata Pj Bupati Deli Serdang pada kegiatan Sepuluh Aksi Intervensi Stunting di Aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Drs H Amri Tambunan, Lubuk Pakam, Rabu (22/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selanjutnya, Bupati mengatakan Pemerintah selaku tim percepatan penurunan stunting memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinasikan, menyinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergen dan terintegrasi.

“Kita harus menegaskan komitmen ini untuk menanggulangi stunting dengan melaksanakan intervensi secara serentak. Langkah awal ini diharapkan dapat mempercepat upaya kita dalam menurunkan angka prevalensi stunting di Kabupaten Deli Serdang,” Tegas Bupati

Baca Juga :  Inspektorat Wilayah I Kunjungan Kerja Di Lapas Kelas IIA Tangerang

Pj Bupati menjabarkan tentang poin penting agar aksi intervensi penurunan stunting dapat lebih optimal. Pertama, meminta agar kita terus melakukan kolaborasi dan sinergi kepada semua pihak untuk penanganan stunting.

“Karena kita memerlukan kerja sama yang baik antara pemerintah, sektor swasta, masyarakat, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Kita harus memastikan bahwa seluruh program dan kegiatan yang kita lakukan saling mendukung dan terkoordinasi dengan baik,”Kata Pj Bupati

Kedua, lakukan peningkatan kapasitas, dengan memberikan penyuluhan dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang, sanitasi yang baik, dan pola hidup sehat yang harus terus ditingkatkan. Masyarakat harus Diberdayakan agar mereka dapat turut serta dalam upaya pencegahan stunting.

Ketiga, lakukan pemantauan dan evaluasi, kita harus memastikan bahwa semua intervensi yang dilakukan terpantau dengan baik dan dievaluasi secara berkala. Hal ini penting agar kita dapat mengukur keberhasilan program dan bisa melakukan rencana tindak lanjut untuk perbaikan.

Baca Juga :  Pj Gubernur Sumut Lantik Faisal Hasrimy Jadi Pj Bupati Langkat Harap Bisa Maksimalkan Potensi Daerah

Keempat, pemerintah daerah harus terus mendukung penyediaan sumber daya yang memadai, baik dari segi anggaran, tenaga ahli, maupun fasilitas kesehatan yang diperlukan untuk mendukung intervensi ini.

Bupati berharap, melalui acara ini, seluruh stakeholder dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian bersama akan pentingnya pencegahan stunting.

Mari kita jadikan 10 aksi stunting sebagai komitmen bersama dalam mewujudkan generasi Deli Serdang yang sehat, cerdas, berprestasi dan berdaya saing,”Tutup Bupati

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberian Mikronutrien untuk anak penderita stunting, Penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati Tentang Unit Organisasi Bersifat Khusus (UOBK) kepada tiga RSUD yaitu RSUD Drs H Amri Tambunan, RSUD Pancur Batu dan RSUD Bangun Purba serta penyerahan Mobil Puskesmas Keliling (Pusling) kepada lima Puskesmas yang ada di Deli Serdang.

Turut hadir di acara tersebut para Penjabat Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang tergabung di dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting, Para Camat, Kepala Puskesmas, Tenaga Kesehatan, Narasumber dan lainnya.(Mirza)

Berita Terkait

Pj Bupati Saksikan Penyembelihan Hewan Qurban DPP Pujakesuma
Ketua Umum MPSU Ultimatum Camat Medan Area & Lurah Komat IV Tegak Lurus Terkait Pemilihan Kepling
Pj Bupati Bersama Ribuan Umat Muslim Shalat Idul Adha di Lapangan T Raja Muda
Hj. Ellya Rosa Siregar Plt Bupati Labuhanbatu Laksanakan Sholat Idul Adha di Lapangan Ikabina Rantauprapat
Ditandai Pukul Bedug, Hj Ellya Rosa Siregar Resmi Buka Festival Gema Takbir BP. IKANAS Tk Kabupaten Labuhanbatu
Apresiasi Kapolres Labuhanbatu dan Dandim 0209/LB Atas Pengawalan Pawai Takbir Keliling Idul Adha 1455 H, Plt. Bupati Ellya Rosa Ucapkan Terimakasih
Pj Bupati Deli Serdang Hadiri Puncak Acara Reforma Agraria Summit 2024.
Kuda Hitam Sumut Barry Simorangkir Silaturahmi Ke Kantor PCNU Kota Medan

Berita Terkait

Selasa, 11 Juni 2024 - 23:31 WIB

Bacakan Eksepsi, Iskandar Nilai Dakwaan JPU Mising Link

Jumat, 7 Juni 2024 - 16:35 WIB

Irdam Tutup TMMD Reg ke-120 Kodim 0113/Gayo Lues

Jumat, 7 Juni 2024 - 07:13 WIB

Sekitar 7000 Hektar Terjadi Perusakan dan Alih Fungsi di Kawasan TNGL yang Dikuasai oleh Perorangan

Kamis, 6 Juni 2024 - 03:58 WIB

Dakwaan JPU Dianggap Cacat Hukum, Iskandar Muda Ajukan Eksepsi

Rabu, 5 Juni 2024 - 15:01 WIB

Kegiatan TMMD Reguler ke-120 Kodim 0113/Gayo Lues Rampung 100 Persen

Sabtu, 1 Juni 2024 - 00:01 WIB

Melapor Wartawan Bukan Dengan Polres Subulussalam, Seharusnya Wartawan Lapor Ke Perusahaan Media dan Dewan Pers

Jumat, 31 Mei 2024 - 23:46 WIB

Terkait Pemberitaan Beberapa Media Online Membuat Sindiran “MeMe” LSM Suara Putra Aceh Tanggapi Masih Kategori Wajar

Sabtu, 30 Maret 2024 - 04:18 WIB

Proyek Peningkatan Struktur Jalan Kedah – Kongbur Diduga Asal Jadi

Berita Terbaru