Sekda H Timur Tumanggor Pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024

- Redaksi

Jumat, 26 April 2024 - 14:43 WIB

5083 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Deli Serdang – Bara News

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang memperingati Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXVIII tahun 2024 dalam upacara bersama di Halaman Kantor Bupati , Kamis (25/4/2024).

Peringatan Hari Otoda ke-XXVIII ini mengambil tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”. Tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP Komandan upacara adalah Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Kurnia Boloni Sinaga, S.STP serta pembaca sejarah singkat Hari Otonomi Daerah adalah Kapala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah, Drs Meyanto Parulian Sagala MSi.

Kegiatan ini diikuti oleh Para Staf Ahli, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian, Camat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang

Baca Juga :  Pengurus KONI Deli Serdang 2023-2027 Resmi Dilantik, Bupati: Wujudkan Prestasi Olahraga

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri RI Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian BA MA PhD mengatakan perjalanan kebijakan otonomi daerah selama lebih dari seperempat abad merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk memaknai kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah.

“Otonomi daerah merupakan hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan Masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dengan filosofi otonomi daerah

dilandaskan pada prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam pasal 18 UUD 1945,” katanya.

Setelah 28 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan Fiskal Daerah. “Kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya,” jelasnya.

Baca Juga :  DPD PWRI Sumut gelar RAPIM,Masdar Limbong himbau semua pengurus agar exist menjalankan tupoksinya.

Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahterakan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain.

“Kepada daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik tetapi IPM-nya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi dan akses infrastruktur belum baik, perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif serta efisien,” terangnya.

Perjalanan otonomi daerah telah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan berbagai terobosan kebijakan bernilai manfaat dalam rangka identifikasi dan perencanaan wilayah-wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi, yang kemudian membentuk aglomerasi kegiatan perekonomian dan terhubung antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

“Implementasi pengembangan wilayah perlu dilakukan melalui pendekatan kebijakan yang berkelanjutan dan implementasi regulasi Ekonomi Hijau, dimana penyelengaraan pemerintahan daerah dan pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan,” pungkasnya.(Mirza)

Berita Terkait

Pj Bupati Saksikan Penyembelihan Hewan Qurban DPP Pujakesuma
Ketua Umum MPSU Ultimatum Camat Medan Area & Lurah Komat IV Tegak Lurus Terkait Pemilihan Kepling
Pj Bupati Bersama Ribuan Umat Muslim Shalat Idul Adha di Lapangan T Raja Muda
Hj. Ellya Rosa Siregar Plt Bupati Labuhanbatu Laksanakan Sholat Idul Adha di Lapangan Ikabina Rantauprapat
Ditandai Pukul Bedug, Hj Ellya Rosa Siregar Resmi Buka Festival Gema Takbir BP. IKANAS Tk Kabupaten Labuhanbatu
Apresiasi Kapolres Labuhanbatu dan Dandim 0209/LB Atas Pengawalan Pawai Takbir Keliling Idul Adha 1455 H, Plt. Bupati Ellya Rosa Ucapkan Terimakasih
Pj Bupati Deli Serdang Hadiri Puncak Acara Reforma Agraria Summit 2024.
Kuda Hitam Sumut Barry Simorangkir Silaturahmi Ke Kantor PCNU Kota Medan

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 03:18 WIB

Kapolres Simalungun Resmikan Bedah Rumah dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78

Sabtu, 15 Juni 2024 - 02:02 WIB

Pemkab Simalungun Terima Penghargaan Nominasi TPID Award 2024 Kawasan Pulau Sumatera

Kamis, 13 Juni 2024 - 06:40 WIB

Klarifikasi Tokoh Masyarakat Batak Mengenai Insiden Kapolsek Perdagangan Membentak Wartawan

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:24 WIB

Patroli Kasat Lantas Polres Simalungun IPTU Jonni Antisipasi Geng Motor dan Truk ODOL

Jumat, 7 Juni 2024 - 06:05 WIB

Polres Simalungun Ajak Masyarakat Ikuti Lomba Kreatif HUT Bhayangkara ke-78

Jumat, 7 Juni 2024 - 05:43 WIB

Sat Lantas Polres Simalungun Gelar Blue Light Patrol, Jaga Keamanan dan Ketertiban Lalu Lintas Dimalam Hari

Sabtu, 1 Juni 2024 - 22:39 WIB

Polres Simalungun Gelar Upacara Peringatan Harlah Pancasila 2024, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Sabtu, 1 Juni 2024 - 16:59 WIB

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Dampingi Kapolres Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Berita Terbaru