Setelah Restorasi, Mess Sempurna Berastagi Jadi Destinasi Penginapan Favorit

- Redaksi

Jumat, 15 Maret 2024 - 02:35 WIB

50332 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Berastagi – Mess Sempurna Berastagi merupakan ikon bersejarah di tanah Karo, setelah dilakukannya proses restorasi, kini destinasi wisata itu kembali menunjukkan gemerlap dari pesonanya.

Hal tersebut dikatakan Kepala Pengelola Baru Mess Sempurna Berastagi, Pahala Siregar. Dengan komitmen yang kuat untuk mempertahankan keaslian dan keindahan bangunan bersejarah tersebut, Pahala Siregar berhasil melakukan restorasi dan mengembalikan pesona Mess Brastagi seperti era keemasannya.

Pahala Siregar, menceritakan sejarah dari Mess Sempurna Berastagi. Ia mengatakan penginapan tersebut telah berdiri sejak tahun 1920-an, dulu namanya Pesanggerahan Soekarno.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia menjelaskan lebih lanjut, Pesanggerahan Soekarno, dulunya menjadi tempat penginapan Presiden RI pertama selama 14 hari.

” Mess Sempurna ini sudah berdiri sejak tahun 1920-an, dulu namanya Mess Pesanggerahan Soekarno, Pak Soekarno dulu pernah menginap disini selama 14 hari, dan setelah dilakukan proses restorasi penginapan bersejarah ini bernama Mess Sempurna, ” jelas Pahala Siregar kepada wartawan via seluler, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga :  Diduga Kepala Desa Sarimunte Kecamatan Munte Kabupaten Karo Lakukan Pungli Prona

Pahala Siregar yang merupakan PNS dari Biro Umum Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mengatakan lebih lanjut, proses restorasi penginapan bersejarah di Berastagi yaitu melalui sentuhan renovasi yang memperhatikan detail arsitektur dan furnitur klasik tanpa menghilangkan bentuk aslinya, sehingga Mess Sempurna Berastagi itu, kini Mess Sempurna menjadi destinasi favorit yang nyaman dan berkelas bagi wisatawan yang mengunjungi tanah Karo.

“Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari proses restorasi ini dan melihat bagaimana Mess Sempurna Berastagi kembali bersinar, sebab visi saya ingin mempersembahkan kembali keagungan dan keelokan Mess Sempurna Berastagi kepada masyarakat,” ujar Pahala Siregar.

Baca Juga :  Siap Mencoblos Memberikan Hak Suara, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Meninjau Sejumlah TPS Di Kabupaten Karo

Selain menjadi tempat menginap yang eksklusif, Mess Sempurna Berastagi juga menjadi lokasi yang cocok untuk berbagai acara spesial seperti pernikahan, pertemuan bisnis, dan acara sosial lainnya.

Dengan pelayanan yang prima dan suasana yang memikat, Mess Sempurna Berastagi berada di Desa Laugumba Tanah Karo ini, kini menjadi pilihan utama bagi pengunjung yang menginginkan pengalaman berkesan di tengah kemegahan sejarah.

Kembalinya gemerlap pesona Mess Berastagi di bawah kepemimpinan Pahala Siregar merupakan awal dari babak baru bagi warisan bersejarah di Kota Berastagi dan diharapkan, keberhasilan ini akan menginspirasi upaya pelestarian bangunan bersejarah lainnya di Indonesia. (Rizky Zulianda)

Berita Terkait

Kunjungan Mendadak Presiden Jokowi Ke Pasar Buah dan Sayur Berastagi
Dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah Kabupaten Tanah Karo Di Meriahkan Dengan Takbiran Dan Pawai Obor
Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Lakukan Serah Terima Aset Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tiga Binanga
377 PPPK Tenaga Guru Tahun Anggaran 2023 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo Terima SK
Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Bersama Beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Menghadiri Undangan Konsulat Jenderal China
Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Sampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Karo TA. 2023 Unaudited ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara
Untuk Menjalin Silaturahmi Pemerintah Kabupaten Karo Adakan Acara Buka Bersama
Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Karo Buka Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo Tahun 2024

Berita Terkait

Kamis, 18 April 2024 - 11:53 WIB

Peresmian Pustu Desa Sampali, Bupati: Bentuk Pembangunan Manusia & Perekonomian Bangsa

Rabu, 17 April 2024 - 19:53 WIB

Komplotan Penipu Giveaway Marelan Raup Puluhan Juta Setiap Hari

Rabu, 17 April 2024 - 17:27 WIB

Dirangkum Dengan Halalbihalal, Plt. Bupati Pimpin Upacara Perdana HKN Setelah Libur Idul Fitri 1445H/2024M

Rabu, 17 April 2024 - 12:53 WIB

Bupati Deli Serdang Silaturahmi dan Halal Bihalal Dengan Seluruh Pegawai Dijajarannya.

Rabu, 17 April 2024 - 00:24 WIB

Luar Biasa!!, Judi Tembak Ikan Mulai Marak di Wilkum Polsek Medan Barat

Selasa, 16 April 2024 - 17:08 WIB

Momen Halalbihalal, Camat Ridwan Syahputra Minta Tetap Jaga Kerukunan Bersuku dan Beragama di Kecamatan Bilah Hilir.

Selasa, 16 April 2024 - 16:32 WIB

Sidak Hari Pertama Kerja Pasca Libur Panjang Lebaran, Plt Bupati Labuhanbatu Pastikan Instansi Pelayanan Berjalan Normal.

Senin, 15 April 2024 - 22:22 WIB

Gerak Cepat Kapolsek Delitua Kompol Dedy Dharma,SH Evakuasi Pohon Tumbang Diapresiasi Masyarakat

Berita Terbaru