Bupati: Target Prevalensi Stunting Deli Serdang 2024 di Bawah 10 Persen

- Redaksi

Sabtu, 17 Februari 2024 - 07:48 WIB

5081 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DELI SERDANG – Bara News

Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing yang mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satu caranya adalah menuntaskan masalah stunting.

Maka dari itu, Bupati berharap Kabupaten Deli Serdang bisa mendapat hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) dengan penurunan angka prevalensi stunting di bawah satu digit.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Saya memberi apresiasi kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), baik desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten yang sudah berupaya dan bergerak bersama pada tahun 2023. Saya yakin dan percaya angka prevalensi stunting kita tahun 2024 berada di bawah 10 persen,” ungkap Bupati ketika membuka Rembuk Stunting Kabupaten Deli Serdang Tahun 2024 di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (15/2/2024).

Sesuai strategi nasional dalam penanggulangan stunting, telah ditetapkan lima pilar pencegahan stunting, yaitu komitmen dan visi kepemimpinan, kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku, konvergensi, koordinasi dan konsolidasi program pusat, provinsi dan daerah, ketahanan pangan dan gizi, pemantauan dan evaluasi.

Baca Juga :  Peduli Santri, Ferdy Sembiring Berikan 102 Stel Busana Muslim Khansa ke Rumah Quran Al Hikmah

Bupati mengajak seluruh perangkat daerah, camat, kepala puskesmas, lurah, kepala desa, perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan NGO di Kabupaten Deli Serdang untuk berperan aktif menjadi Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting. Sebab, kalau semua berperan dan terlibat menjadi Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting, maka sekitar 418 anak stunting di Deli Serdang akan terselamatkan.

“Saya yakin dan optimis dengan komitmen yang kuat dan kerjasama semua sektor dengan optimalisasi anggaran yang ada, maka target prevalensi stunting Kabupaten Deli Serdang di bawah 10 persen di tahun 2024 bisa kita capai. Dengan tercapainya target ini pastinya akan menciptakan generasi emas sebagai cikal bakal pemimpin masa depan, baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional,” ucap Bupati.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP3KB), dr Hery Kurnia dalam laporannya menjelaskan, Rembuk Stunting Kabupaten Deli Serdang tahun 2024 merupakan strategi dalam pencapaian target penurunan stunting, khususnya kabupaten deli serdang.

Baca Juga :  Muhammad Nuh Lolos Verifikasi Faktual Bacalon Anggota DPD RI

Rembuk Stunting telah dilaksanakan secara berjenjang di level kecamatan dan berlanjut ke kabupaten. Rembuk Stunting tingkat kecamatan sudah dilaksanakan di 22 kecamatan pada pertengahan Januari sampai awal Februari 2024.

“Pelaksanaan Rembuk Stunting sebagai upaya Deli Serdang dalam melakukan intervensi pencegahan dan penurunan stunting antara organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non pemerintahan dan masyarakat. Pemerintah kabupaten/kota akan melakukan konfirmasi, sinkronisasi, dan sinergisme hasil analisis situasi dan rancangan kegiatan OPD dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam upaya percepatan penurunan stunting,” jelasnya di acara yang dirangkai dengan penyerahan rompi TPPS kepada Bupati serta Launching Logo D’BEST.

Hadir pada kegiatan itu, Sekertaris BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Yusrizal Batubara SSos; Kadis Dukcapil, Drs H Misran Sihaloho MSi; Kadis Lingkungan Hidup, Elinasari Nasution SP; para pejabat Pemkab Deli Serdang; Ketua TPPS Kecamatan, Kepala Puskesmas, Koordinator KB Kecamatan serta undangan lainnya.(Mirza) 

Berita Terkait

Ratusan Warga Pancurbatu Minta Keadilan ke Jokowi Di Depan Hotel JW Mariot Medan, Panglima TNI, KASAD Dan Pangdam 1/BB Diminta Memproses Kopral Mirwansah,Oknum TNI Pemilik Senpi.!
Open House Lebaran Kedua, Pj Gubernur Sumut Terima Kunjungan sejumlah Kepala Daerah
Plt. Bupati Labuhanbatu Laksanakan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Bersama Warga di Masjid Raya Al Ikhlas Ujung Bandar Rantau Selatan
Tak Kunjung Di Tindak Lanjuti,Kuasa Hukum Godol Laporkan Oknum TNI-AD Kodam 1/BB ke Denpom I/5 Medan
Bupati Deli Serdang : PD MABMI Telah Berkontribusi Dalam Pembangunan Di Kabupaten Deli Serdang 
Rawat Persaudaraan Pasca Pemilu, Ketum KOMDAM Sumut Minta Stop Hoax
DPD SPRI SUMUT ” Serikat Pers Republik Indonesia’ Bersama Wartawan Media Pendamping News dan Metropos 24 Bagikan 200 Paket Sembako Kepada Warga Masyarakat Beserta Anak Yatim Piatu
Bupati Ajak Warga NU Terus Berjuang Dalam Membangun Umat Yang Kuat, Tangguh dan Toleran

Berita Terkait

Jumat, 5 April 2024 - 23:14 WIB

Lapas Tanjungbalai Sinergi Dengan APH Kota Tanjungbalai Lakukan Razia Gabungan di Kamar Hunian Wargabinaan

Jumat, 15 Maret 2024 - 02:20 WIB

Situasional Ramadhan, Gelorakan Zero Halinar Lapas Tanjungbalai Galakkan Penggeledahan

Kamis, 15 Februari 2024 - 20:40 WIB

Kapolres Tanjung Balai Didampingi Kalapas Monitor Pelaksanaan Pemilu di KPPS Khusus

Rabu, 14 Februari 2024 - 23:04 WIB

Lapas Tanjungbalai Sukseskan Pemilu 2024 Dengan Aman Dan Lancar

Selasa, 13 Februari 2024 - 02:58 WIB

Testimoni Kepuasan: Layanan Penerbitan SKHPN BNNK Tanjungbalai Menerima Apresiasi

Minggu, 21 Januari 2024 - 01:18 WIB

Dialog Kasi. Binadik Bersama Pengunjung, Marlon : Semua Gratis!

Senin, 25 Desember 2023 - 20:07 WIB

56 ORANG WARGABINAAN TERIMA REMISI KHUSUS NATAL, 1 ORANG LANGSUNG BEBAS

Rabu, 13 Desember 2023 - 02:11 WIB

Petugas Lapas Gagalkan Pelemparan Narkoba

Berita Terbaru