Polres Dairi dan KPU Lakukan Simulasi Pengamanan Pasca Pemungutan Suara

- Redaksi

Selasa, 30 Januari 2024 - 17:51 WIB

50111 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dairi Bara News – Polres Dairi bersama dengan KPU serta Bawaslu dan Kodim 0206 Dairi melakukan simulasi pengamanan pasca terjadinya kericuhan saat pemungutan surat suara yang berlangsung di Halaman Mapolres Dairi, Senin (29/1/2024).

Simulasi dilakukan pertama kali saat petugas KPPS melakukan pemungutan suara yang berlangsung secara simbiolis oleh petugas dari Polres Dairi.

Setelah melakukan pencoblosan surat suara, petugas KPPS melakukan penghitungan surat suara, dimana dari hasil penghitungan surat suara tersebut didapati perbedaan jumlah suara yang dianggap tidak sesuai.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Atas dasar itu, massa dari salah satu pendukung calon legislatif tidak terima dan terjadi kericuhan.

Kasat Samapta AKP Tugono, SH Bersama KBO Sat Samapta IPTU JP. Karosekali pun langsung mengarahkan petugas pengendalian masyarakat (Dalmas) dari Samapta Polres Dairi.

Petugas kemudian mengamankan para panitia KPPS untuk mengamankan kotak suara ke Mobil Patroli yang rencananya akan direbut oleh massa pendukung.

Baca Juga :  Kapolres Dairi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024

Kapolres Dairi, AKBP Agus Bahari mengatakan, dalam pengamanan pasca pemungutan suara, Polres Dairi akan mengerahkan sebanyak 182 personil, dibantu dari TNI sebanyak 111 personil, dan 2.000 linmas.

“Hari ini ditujukan untuk kesiapan kita bersama , bukan hanya pihak kepolisian, namun juga bersama TNI mendukung KPU dan Bawaslu dalam rangka Pemilu di tanggal 14 Februari mendatang”, ujar Kapolres.

Dirinya berharap, dalam pengamanan di Pemilu mendatang, peran dari masyarakat dapat membantu agar proses pemilihan umum dapat berjalan dengan lancar.

“Pertama kesadaran dari pribadi atau individu masing – masing warga untuk bisa menjaga aman dan tertibnya . Itu menjadi penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban, ” tutupnya.

Sementara itu, Ketua KPU Dairi, Freddy Sinaga mengatakan, saat proses pendistribusian juga akan melibatkan pihak kemanan baik dari TNI maupun Polri untuk sampai ke tingkat kecamatan, desa, dan berakhir di Tempat pemungutan suara.

Baca Juga :  Kapolres Dairi Bersama Setda Pimpin Rapat Koordinasi,Lintas Sektoral Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Toba,2023 / 2024

“Ketika nantinya kita mendistribusikan ini pasti akan ada Kepolisian yang melekat di setiap transportasi yang membawa logistik turun ke tingkat kecamatan, sampai ke TPS, ” ujarnya.

Bahkan, setelah selesai proses pemungutan suara, maka akan kembali di kawal oleh pihak Kepolisian sampai nantinya ke KPU Dairi.

“Setelah KPPS selesai melakukan penghitungan suara, maka itu harus segera diserahkan kepada PPS, dan setelah di wilayah tugas PPS sudah terkumpul, langsung dikumpulkan balik ke kecamatan. Sehingga, di tanggal 15 Februari, PPK sudah mulai melaksanakan rekapitulasi penghitungan surat suara. Kita harapkan rekapitulasi Selambat – lambatnya H + 6 hari pemungutan suara. Setelah itu KPU, akan melakukan rekapitulasi pada hari ke 4 setelah pemungutan suara. Setelah itu KPU akan melakukan pergeseran untuk di rekapitulasi ke KPU Provinsi, ” tutup Freddy.(Luga Siregar)

Berita Terkait

Pastikan Proses Pengamanan Tahapan Pemilu 2024 Berjalan Dengan Baik, Kapolres Dairi Cek Kesiapan Personil
Polres Dairi Tingkatkan Sinergitas TNI-POLRI, Melalui Perayaan Ulang Tahun Personil
Polres Dairi Ringkus 9 Orang Pelaku Pencurian Besi Jembatan lae Renun
Sat Samapta Polres Dairi Bersama Sat Brimob Polda Sumut Lakukan Patroli Seputaran KPU dan PPK Kecamatan 23 Februari 2024 13:44
Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman Terhadap Warga, Sat Lantas Polres Dairi Lakukan Pengamanan dan Pengaturan Arus Lalulintas Pada Sholat Jumat
Polres Dairi bersama Personil BKO Sat Brimob Polda Sumut Gelar Patroli Malam Bersama
Pastikan Logistik Aman, Kapolres Dairi Cek Sejumlah PPK Pasca Pemilu 2024
Buang Barang Bukti Sabu ke Jurang, Adi Diringkus Polres Dairi. Panik Saat Melihat Rombongan Kapolres Saat di Tengah Jalan

Berita Terkait

Minggu, 3 Maret 2024 - 19:10 WIB

Santer, Terima Uang Ratusan Juta Dari Caleg DPR RI Untuk Mendulang Suara, Ketua PPK Bilah Hilir Sebut Kerjasama Dengan Kades dan Mantan Kades.

Minggu, 3 Maret 2024 - 15:42 WIB

Plt. Bupati Kabupaten Labuhanbatu Hadiri Kegiatan CFD, Jelang Bulan Ramadhan Tingkatkan Kualitas Berolahraga.

Jumat, 1 Maret 2024 - 17:16 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Jumat, 1 Maret 2024 - 16:14 WIB

Pihak SMAN 1 Panai Hilir Bersama Orang Tua Siswi Bermaaf-maafan Hanya Karena Miskomunikasi

Senin, 19 Februari 2024 - 22:32 WIB

Sinergitas TNI-POLRI Dalam Pengamanan Pleno Rekapitulasi di Tingkat PPK di Wilayah Hukum Polsek Bilah Hilir.

Senin, 19 Februari 2024 - 21:10 WIB

Pastikan Rapat Pleno Berjalan Aman dan Lancar, Plt. Bupati Labuhanbatu Tinjau Langsung Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

Senin, 19 Februari 2024 - 18:11 WIB

Hari Kesaktian Kesadaran Nasional, Pidato Bupati Labuhanbatu Ingatkan ASN Berikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

Selasa, 13 Februari 2024 - 19:37 WIB

Camat Bilah Hilir Didampingi Forkopincam Memonitoring Langsung Proses Penyaluran Logistik Pemilu Serentak 2024

Berita Terbaru

DELI SERDANG

PPK Tanjung Morawa Diduga Mafia Penggelembungan Suara

Senin, 4 Mar 2024 - 00:18 WIB