Penyaluran Dana ZIS, Bupati: Zakat Kewajiban Umat Islam Bantu Warga Tidak Mampu

- Redaksi

Jumat, 19 Januari 2024 - 22:54 WIB

50178 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DELI SERDANG – Bara News

Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menyerahkan zakat, infak dan sedekah (ZIS) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Deli Serdang kepada mustahik (orang-orang yang berhak menerima zakat) dari Kecamatan Biru Biru, Patumbak, Tanjung Morawa dan Batang kuis di Wisma Tanjung Indah, Jalan Dahlan Tanjung, Kecamatan Tanjung Morawa, Kamis sore (18/1/2024).

Pada kesempatan tersebut, Bupati menerangkan zakat merupakan salah satu rukun Islam. Zakat diwajibkan bagi umat IsIam yang mampu dan memiliki kelapangan harta agar menyisihkan sebahagiannya untuk dibagikan kepada masyarakat tidak mampu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Baznas Kabupaten Deli Serdang menyalurkan zakat dan sedekah dari para muzakki. Saya berterimakasih kepada Baznas yang telah mengumpulkan zakat dan infak dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) Deli Serdang dan muzakki lainnya dan menyalurkan secara langsung kepada para mustahik,” kata Bupati.

Baca Juga :  Penampilan Warga Binaan Lapas Kelas II Tangerang Meriahkan Porsenap Banten Expo 2023

Disebutkan Bupati, dari tahun ke tahun semakin banyak para muzakki yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas Deli Serdang. Tahun 2023 lalu, telah terkumpul dana zakat dan infak sebesar Rp 2,4 miliar. Namun dari dana tersebut, belum semua masyarakat Deli Serdang yang bisa menerimanya karena terbatas.

“Mari doakan Baznas Kabupaten Deli Serdang untuk terus semangat dalam bekerja, tulus dan ikhlas agar dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dana zakat tersebut,” ajak Bupati.

Sebelumnya, Ketua Baznas Deli Serdang, H Surya Putra melaporkan penyaluran dana ZIS tersebut merupakan yang keempat kalinya, setelah sebelumnya dilakukan di Kecamatan Pancur Batu, Lubuk Pakam dan Bangun Purba.

“Penyaluran zakat dan infak ini diberikan kepada 225 mustahik yang masing-masing mendapatkan uang sebesar Rp300 ribu, serta penyaluran delapan unit kursi roda. Para mustahik berasal dari Kecamatan Biru Biru, Patumbak, Tanjung Morawa dan Batang kuis,” rincinya.

Baca Juga :  Muhammad Ichwan CALEG Partai Nasdem NO 9 Dapil 3 Kota Medan Mengucapkan Syukur Kembali Menjadi DCT

Selain menyalurkan zakat, Baznas Deli Serdang juga telah membina beberapa desa di Deli Serdang dalam hal dakwah.

“Kepada para da’i yang bertugas di desa binaan, mereka telah didaftarkan menjadi anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sekaligus iuran bulanannya ditanggung Baznas Deli Serdang,” terangnya.

Bantuan lainnya yaitu bekerjasama dengan Dinas Sosial Deli Serdang dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Thailand, memulangkan seorang warga Kecamatan Lubuk Pakam yang terlantar di Thailand.

Hadir di acara tersebut, para pejabat Pemerintah Kabupaten Deli Serdang; perwakilan BPJS Tanjung Morawa; Camat Biru Biru, Rahmat Hidayat SIP; Camat Tanjung Morawa, Rio Laka Dewa SSTP MAP; Camat Patumbak, M Kennedy Tarigan SSTP MSi; Camat Batang Kuis, Romi Surya Darma Damanik SSTP MSi; unsur Baznas Kabupaten Deli Serdang dan lainnya.(Mirza).

Berita Terkait

Diskominfo Kabupaten Labuhanbatu Terima Kunker Tim Diskominfo Provinsi Sumut Dalam Rangka Evaluasi Asistensi Pengisian Indeks KAMI
Asisten II Pemkab Deli Serdang Tinjau Harga & Kebutuhan Pokok di Sejumlah Pasar Di Deli Serdang.
Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Selenggarakan Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun, Ini Pesan PLT. Bupati:
Ketum PERMA Labusel, Desak POLDASU Segera Proses Hukum Oknum Kadis Pendidikan Labusel
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Plt. Bupati Ellya Rosa Terima Rekomendasi LKPJ Bupati T.A 2023
Mewakili Plt. Bupati Labuhanbatu, Hobbol Z Rangkuti Beri Paparan Tentang GASPUL Atas Capaian 10 Besar Lomba Inovasi Tk Provinsi Sumut
Konflik Kelompok Tani dengan PTPN II, Penrad: Hentikan Pembongkaran Rumah Warga!
Ada Apa Polrestabes Medan..!!? Eks Kadis Perkim Dilaporkan Kepolisi Kasatreskrim Bungka

Berita Terkait

Sabtu, 1 Juni 2024 - 00:40 WIB

Kurangnya Pengawasan Dalam Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang Dari Hasil Korupsi

Sabtu, 30 September 2023 - 01:08 WIB

Memandang Hakim Mahkamah Konstitusi yang Baru : Dilema Antara Politik Dan Integritas

Berita Terbaru