Sukseskan Pemilu Serentak Dan PON 2024, Pemprov Sumut Siapkan Berbagai Langkah Ini

- Redaksi

Minggu, 31 Desember 2023 - 23:06 WIB

50133 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MEDAN – Guna menyukseskan Pemilihan Umum Pemilu) Serentak dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut telah menyiapkan berbagai langkah konkret.

Hal tersebut dipaparkan Penjabat Gubernur Sumut Hassanudin yang diwakili Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Sumut Hasmirizal Lubis dalam Dialog TVRI Sumut, Sabtu (30/12). Pada pemilu serentak, pemerintah telah menyiapkan logistik, melakukan sosialisasi, persiapan keamanan, pengawasan kampanye, hingga pemutakhiran data pemilih.

“Sementara itu, fokus utama pemerintah daerah dalam memastikan proses Pemilu berjalan lancar meliputi penyediaan sarana dan prasarana, mendorong penyelenggara memastikan tersedianya sarana dan prasarana yang diperlukan untuk pelaksanaan Pemilu,” kata Hasmirizal.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mengenai sosialisasi masyarakat, Pemprov Sumut terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya hak suara dan dampaknya terhadap demokrasi. Juga meningkatkan aksesibilitas Pemilu bagi masyarakat.

“Juga memastikan fasilitas yang memudahkan pemilih, seperti Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mudah diakses, transportasi umum yang memadai, dan aksesibilitas bagi pemilih disabilitas,” ujar Hasmirizal.

Selain itu, untuk menjaga stabilitas politik dan sosial selama periode pemilihan, serta menjaga potensi ketegangan politik, pemerintah mendorong penegakan hukum secara adil dan tegas terhadap pelanggaran hukum yang terkait dengan proses Pemilu.

Baca Juga :  Ust Rafdinal, S. Sos, M. AP Calon Anggota DPD - RI Nomor 18 Banjir Dukungan, Termasuk Dukungan dari Mulya Koto

“Pemerintah juga mendorong penindakan terhadap pelanggaran, termasuk pelanggaran kampanye, pelanggaran keamanan, dan pelanggaran lainnya yang dapat mengganggu stabilitas politik dan sosial, pemerintah juga mendorong penyelesaian sengketa Pemilu secara adil dan transparan. Mekanisme penyelesaian sengketa yang dapat diakses oleh semua pihak yang terlibat,” kata Hasmirizal.

Pemprov Sumut dan lembaga terkait siap mengatasi potensi konflik selama proses pemilihan. Untuk itu, Pemprov melakukan pemetaan potensi konflik, membangun dialog dengan pihak-pihak terkait, dan mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari terjadinya konflik.

Mengenai PON XXI/2024, Pemprov Sumut juga telah melakukan berbagai persiapan. Pemprov telah melaksanakan pembangunan venue baru, antara lain Stadion Madya Atletik, GOR Martial Arts, GOR Indoor Voli dan Sirkuit Grasstrack di Kawasan Sumut Sport Center Desa Sena.

Sedangkan venue yang direnovasi antara lain Kolam Renang Selayang, GOR Futsal Dispora Sumut, Stadion Mini Dispora, GOR Veteran, Gedung Serba Guna Dispora, GOR Bowling Dispora, Sirkuit IMI Disporasu, Arena Squash Disporasu.

“Secara infrastruktur, hari ini Sumut telah siap menjadi Tuan Rumah PON XXI/2024, melihat telah selesainya venue-venue tempat pertandingan. Selain itu, fasilitas pendukung seperti jalan raya menuju venue juga telah diperbaiki dan akan terus dilakukan perawatan, hingga pelaksanaan PON XXI/2024,” kata Hasmirizal.

Baca Juga :  Maruli Siahaan Caleg DPR RI Partai Golkar Dapil Sumut 1 Menghadiri Acara Ibadah Persekutuan Perempuan Distrik X Medan Aceh di Gereja HKBP Sei Agul Medan

Disampaikan juga, Pemprov Sumut melalui PB PON XXI/2024 Wilayah Sumut telah memastikan seluruh venue siap. Pemprov juga menyiapkan akomodasi mulai dari Hotel Bintang 3 sampai Bintang 5, yang dapat menampung atlet, official dan panitia pelaksana sekitar 13 ribu orang.

“Pada PON 2024, Pemprov memiliki target antara lain sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses adminstrasi, sukses pemberdayaan ekonomi dan sukses pemanfaatan fasilitas pascaevent,” ujar Hasmirizal.

Ekonomi selalu berdampak positif setiap PON berlangsung. Hal tersebut sudah terbukti mulai dari PON Riau, Jawa Barat, hingga Papua. “Karenanya, kami berharap event PON ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masayarakat. Sama halnya seperti pelaksanaan F1H2O dan Aqubike yang membawa keberkahan bagi masyarakat sekitarnya,” ujar Hasmirizal. (Rizky Zulianda) (H17/DISKOMINFO SUMUT)

FOTO : Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Sumut Hasmirizal Lubis mewakili Penjabat Gubernur Sumut Hassanudin dalam Dialog TVRI Sumut, Sabtu (30/12). (DISKOMINFO SUMUT)

Berita Terkait

Sekda Deli Serdang Hadiri Rapat Hasil Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Deli Serdang Pemilu 2024
Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Deli Serdang Tahun 2025
Caleg DPRD Kabupaten Labuhanbatu Josman Sinaga Peroleh Suara Tertinggi di Dapil 3.
Diduga Sempat Ditolak, Akhirnya Laporan Korban Dugaan Penipuan Pengurusan Sertifikat Rumah Diterima Polsek Pancur Batu
Oknum Ketua OKP Pelaku Pengancaman Ditangkap, Korban Ucapkan Terimakasih Kepada Kapolsek dan Kanit Reskrim Polsek Sunggal
Gubsu Hadiri Panen Padi di Tanjung Morawa, Bupati: Deli Serdang Lumbung Pangan Sumatera Utara
Apresiasi Keberhasilan Pemkab Labuhanbatu, Ini Penyampaian Kepala Bapenda Sumut:
Caleg Ditipu Kades Marindal II, Sekda DS:: Kita Tindak Tegas

Berita Terkait

Minggu, 3 Maret 2024 - 19:10 WIB

Santer, Terima Uang Ratusan Juta Dari Caleg DPR RI Untuk Mendulang Suara, Ketua PPK Bilah Hilir Sebut Kerjasama Dengan Kades dan Mantan Kades.

Minggu, 3 Maret 2024 - 16:08 WIB

PPK Kecamatan Bilah Hilir Diduga Otak-atik Hasil Perolehan Suara Caleg Pada Tingkat Kabupaten/Kota Dalam Pemilu 2024.

Jumat, 1 Maret 2024 - 17:16 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Jumat, 1 Maret 2024 - 16:14 WIB

Pihak SMAN 1 Panai Hilir Bersama Orang Tua Siswi Bermaaf-maafan Hanya Karena Miskomunikasi

Senin, 19 Februari 2024 - 22:32 WIB

Sinergitas TNI-POLRI Dalam Pengamanan Pleno Rekapitulasi di Tingkat PPK di Wilayah Hukum Polsek Bilah Hilir.

Senin, 19 Februari 2024 - 21:10 WIB

Pastikan Rapat Pleno Berjalan Aman dan Lancar, Plt. Bupati Labuhanbatu Tinjau Langsung Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

Senin, 19 Februari 2024 - 18:11 WIB

Hari Kesaktian Kesadaran Nasional, Pidato Bupati Labuhanbatu Ingatkan ASN Berikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

Selasa, 13 Februari 2024 - 19:37 WIB

Camat Bilah Hilir Didampingi Forkopincam Memonitoring Langsung Proses Penyaluran Logistik Pemilu Serentak 2024

Berita Terbaru

DELI SERDANG

PPK Tanjung Morawa Diduga Mafia Penggelembungan Suara

Senin, 4 Mar 2024 - 00:18 WIB