Kemunculan Buaya Resahkan Warga Negeri Baru, Pihak Terkait Diminta Lakukan Pengamanan.

- Redaksi

Senin, 25 Desember 2023 - 17:07 WIB

502,268 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

LABUHANBATU-BaraNews Sumut | Warga Dusun Bagun Rejo (alpajar) Kelurahan Negeri Baru Kecamatan Bilah Hilir, Labuhanbatu saat ini tengah resah dengan kemunculan buaya si predator di sekitar sungai yang berdekatan dengan pemukiman.

Kemunculan buaya tersebut diabadikan warga menggunakan kamera ponsel dan menjadi tontonan warga. Video dan foto penampakan buaya yang mendarat (bukan buaya darat) itu kini beredar luas di media sosial.

Dalam video amatir yang direkam warga itu terlihat seekor buaya berukuran sekitar dua meter tampak berjemur di bantaran sungai. Hal inipun sempat menghebohkan dan menjadi tontonan warga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut warga, populasi buaya yang diketahui lebih banyak dari satu ekor itu sering menampakan diri berjemur di sekitaran Sungai Bilah pada saat siang hari.

“Buaya itu muncul pas hari panas, dia berjemur. Yang kami lihat tu kira-kira panjangnya sekitar dua meteran,” kata Kasdi, salah seorang warga Dusun Bagun Rejo Kelurahan Negeri Baru, Senin (25/12/2023).

Baca Juga :  Didampingi Ketua TP. PKK, Bupati Labuhanbatu Beri Kejutan Dihari Ulang Tahun Wabup Ellya Rosa Siregar.

Kasdi yang rumahnya tak jauh dari dari lokasi menyampaikan, bahkan ada nelayan pernah melihat buaya yang lebih besar dari itu di lokasi yang sama aliran Sungai Bilah.

“Kemungkinan buaya itu lapar bang, soalnya kalau malam hari buaya itu terlihat ganas memangsa ikan di lokasi tersebut,” terang Kasdi kepada awak media ini.

Ia mengaku sangat resah dengan kemunculan buaya yang sering berkeliaran di sekitar Sungai Bilah tersebut.

Akibat kemunculan buaya ini, masyarakat sekitar pun tak lagi berani beraktivitas di sungai, baik untuk keperluan mengambil pasir, memanen sawit ataupun mencari ikan.

“Diri saya dan keluarga sangat resah bang, takutnya saya, warga seiring beraktivitas bahkan anak-anak kan sering mandi-mandi ditepi sungai itu, takutnya itulah jadi mangsa buaya. Harapannya kalau bisa buaya itu ditangkap, dipindahkan ke habitatnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Bakti Sosial Alumni AKABRI Angkatan 90, Polsek Bilah Hilir Bagikan 53 Paket Pendidikan Kepada Murid SDN 07 Bilah Hilir

Warga lainnya, Fikri Andika mengatakan, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara harus segera mengamankan dengan menangkap dan mengevakuasi buaya yang mungkin membahayakan warga Kelurahan Negeri Baru tersebut.

Menurutnya, Sungai Bilah merupakan salah satu sumber kehidupan warga sekitar. “Sungai ini bisa dikatakan sumber kehidupan warga disini,” ujarnya.

Kata Fikri, jika banjir air sungai Bilah bisa meluap hingga ke permukiman penduduk, sehingga diketahui keberadaan buaya dapat membahayakan nyawa masyarakat.

“Nanti buaya itu kami musnahkan, kami berkasus, itu yang kami takutkan. Soalnya buaya ini hewan yang dilindungi,” kata Fikri. *

Berita Terkait

Diskominfo Kabupaten Labuhanbatu Terima Kunker Tim Diskominfo Provinsi Sumut Dalam Rangka Evaluasi Asistensi Pengisian Indeks KAMI
Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Selenggarakan Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun, Ini Pesan PLT. Bupati:
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Plt. Bupati Ellya Rosa Terima Rekomendasi LKPJ Bupati T.A 2023
Mewakili Plt. Bupati Labuhanbatu, Hobbol Z Rangkuti Beri Paparan Tentang GASPUL Atas Capaian 10 Besar Lomba Inovasi Tk Provinsi Sumut
Setelah Mengikuti Peresmian Kick Off Gerakan Penting Secara Zoom Meeting, Plt. Bupati Labuhanbatu Tinjau Kegiatan Posyandu Teratai
Kompetisi Liga ASKAB PSSI Labuhanbatu Resmi Ditutup Plt. Bupati Ellya Rosa Siregar
Kegiatan TMMD Ke-120 di Desa Selat Beting Resmi Ditutup, Ini Pesan Danrem 022/PT:
Kedatangan Danrem 022/PT Disambut Plt. Bupati Labuhanbatu Dengan Jamuan Makan Malam Bersama

Berita Terkait

Sabtu, 1 Juni 2024 - 00:40 WIB

Kurangnya Pengawasan Dalam Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang Dari Hasil Korupsi

Sabtu, 30 September 2023 - 01:08 WIB

Memandang Hakim Mahkamah Konstitusi yang Baru : Dilema Antara Politik Dan Integritas

Berita Terbaru