Pemkab Deli Serdang Gelar Forum Konsultasi Publik Ranwal RPD, Bupati : Pembangunan Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

- Redaksi

Jumat, 15 Desember 2023 - 21:44 WIB

5099 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DELI SERDANG – Bara News

Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menegaskan pembangunan daerah ditujukan untuk peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, peningkatan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah.

“Oleh karenanya, program dan kegiatan yang kita susun ditujukan untuk mewujudkan tujuan pembangunan daerah tersebut, tentunya dengan tetap memperhatikan keberlangsungan pembangunan dan kualitas lingkungan hidup,” pesan Bupati pada Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Deli Serdang Tahun 2025-2026 di Aula Cendana, Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (14/12/2023).

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bupati berharap semua pihak terkait bisa fokus pada tujuan pembangunan yang dapat mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat. Memulai langkah menuju pembangunan Deli Serdang yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Bersama kita sadari, keberhasilan pembangunan Deli Serdang merupakan keberhasilan kolektif dari para pemangku kepentingan. Oleh karena itu, mari dukung, jalin kebersamaan dan sinergitas sebagai upaya mengatasi isu strategis, yaitu transformasi sosial, ekonomi dan tata kelola,” ajak Bupati.

Bupati berharap, Forum Konsultasi Publik tersebut bisa menghasilkan saran dan masukan konstruktif dari para pemangku kepentingan (stakeholders). Sebab, perumusan dan penyusunan RPD Kabupaten Deli Serdang Tahun 2025-2026 nantinya akan menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Deli Serdang pada dua tahun ke depan.

Baca Juga :  Ketua Harian FJP: Dinas Kominfo Sumut Tertutup Terkait Anggaran Keberangkatan Wartawan ke Danau Toba

Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik tersebut juga merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No.3 Tahun 2023, sebagai upaya dalam menyerap saran dan atau masukan dari pemangku kepentingan pembangunan daerah, dengan tujuan untuk menyosialisasikan penyusunan RPD Tahun 2025-2026 dilakukan bersamaan dengan penyusunan Rencana Strategi (Renstra) Tahun 2025-2026, menerima masukan dan aspirasi terhadap Ranwal RPD Kabupaten Deli Serdang Tahun 2025-2026, menyempurnakan Ranwal RPD dengan mempertimbangkan masukan dan aspirasi yang disampaikan para pemangku kepentingan, penentuan tujuan dan sasaran pada penyusunan RPD Tahun 2025-2026 didasarkan isu strategis aktual, penentuan tujuan dan sasaran pada penyusunan Renstra perangkat daerah tahun 2025-2026 memperhatikan tujuan, sasaran RPD Tahun 2025-2026 dan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) yang telah ditetapkan pemerintah pusat sesuai kewenangan daerah.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Deli Serdang, Dr Ir Remus Hasiholan Pardede MSi dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik tersebut berdasarkan Undang-Undang (UU) No.25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional; UU No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan UU No.9 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua atas UU No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah; Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperd) Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), RPJMD dan RKPD; Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No.3 tahun 2023 Tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah dengan periode RPJMD berakhir pada tahun 2024.

Baca Juga :  Tidak Ditemukan Adanya Perjudian dan Peredaran Narkoba di Wilkum Polsek Tuntungan

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan RPD menjadi rancangan RPD Kabupaten Deli Serdang Tahun 2025-2026,” ucap Kepala Bappedalitbang.

Hadir pada Forum Konsultasi Publik tersebut, para pimpinan dan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Deli Serdang; Kepala Bappedalitbang Sumatera Utara, Dr Ir Hasmirizal Lubis MSi melalui zoom meeting; Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, Wahyu Yuwana Hidayat; Kepala Bidang PPED Bappedalitbang Sumatera Utara, Oktavia Siska Yanti SH; Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, Dr Paidi Hidayat SE MSi; Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Deli Serdang, Ir Syarifah Alwiah MMA, dan lainnya.(Mirza).

Berita Terkait

Sekda Deli Serdang Hadiri Rapat Hasil Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Deli Serdang Pemilu 2024
Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Deli Serdang Tahun 2025
Caleg DPRD Kabupaten Labuhanbatu Josman Sinaga Peroleh Suara Tertinggi di Dapil 3.
Diduga Sempat Ditolak, Akhirnya Laporan Korban Dugaan Penipuan Pengurusan Sertifikat Rumah Diterima Polsek Pancur Batu
Oknum Ketua OKP Pelaku Pengancaman Ditangkap, Korban Ucapkan Terimakasih Kepada Kapolsek dan Kanit Reskrim Polsek Sunggal
Gubsu Hadiri Panen Padi di Tanjung Morawa, Bupati: Deli Serdang Lumbung Pangan Sumatera Utara
Apresiasi Keberhasilan Pemkab Labuhanbatu, Ini Penyampaian Kepala Bapenda Sumut:
Caleg Ditipu Kades Marindal II, Sekda DS:: Kita Tindak Tegas

Berita Terkait

Minggu, 3 Maret 2024 - 19:10 WIB

Santer, Terima Uang Ratusan Juta Dari Caleg DPR RI Untuk Mendulang Suara, Ketua PPK Bilah Hilir Sebut Kerjasama Dengan Kades dan Mantan Kades.

Minggu, 3 Maret 2024 - 15:42 WIB

Plt. Bupati Kabupaten Labuhanbatu Hadiri Kegiatan CFD, Jelang Bulan Ramadhan Tingkatkan Kualitas Berolahraga.

Jumat, 1 Maret 2024 - 17:16 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Jumat, 1 Maret 2024 - 16:14 WIB

Pihak SMAN 1 Panai Hilir Bersama Orang Tua Siswi Bermaaf-maafan Hanya Karena Miskomunikasi

Senin, 19 Februari 2024 - 22:32 WIB

Sinergitas TNI-POLRI Dalam Pengamanan Pleno Rekapitulasi di Tingkat PPK di Wilayah Hukum Polsek Bilah Hilir.

Senin, 19 Februari 2024 - 21:10 WIB

Pastikan Rapat Pleno Berjalan Aman dan Lancar, Plt. Bupati Labuhanbatu Tinjau Langsung Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

Senin, 19 Februari 2024 - 18:11 WIB

Hari Kesaktian Kesadaran Nasional, Pidato Bupati Labuhanbatu Ingatkan ASN Berikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

Selasa, 13 Februari 2024 - 19:37 WIB

Camat Bilah Hilir Didampingi Forkopincam Memonitoring Langsung Proses Penyaluran Logistik Pemilu Serentak 2024

Berita Terbaru

DELI SERDANG

PPK Tanjung Morawa Diduga Mafia Penggelembungan Suara

Senin, 4 Mar 2024 - 00:18 WIB