Plt Bupati Serahkan Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah

- Redaksi

Jumat, 1 Desember 2023 - 22:51 WIB

50132 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DELI SERDANG – Bara News

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, H.M. Ali Yusuf Siregar menyerahkan bantuan Tahap II (Oktober dan November 2023) kepada penerima Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) kepada Keluarga Risiko Stunting Kabupaten Deli Serdang melalui PT Pos Kantor Cabang Utama (KCU) Medan di Kecamatan Patumbak, Kamis (30/11/2023).

Penyerahan bantuan yang dilakukan di halaman Kantor Camat Patumbak tersebut diperuntukkan bagi 767 Keluarga Risiko Stunting (KRS).

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam arahannya, Plt Bupati yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Deli Serdang, mengatakan untuk mewujudkan visi Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya religius dan rukun dalam kebhinekaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang terus melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat, salah satunya stunting.

“Untuk Kabupaten Deli Serdang, persentase stunting sekarang berada di kisaran 13 persen. Masih di bawah persentase Provinsi Sumatera Utara dan kabupaten/kota lain di Sumatera Utara,” jelas Plt Bupati.

Tahun 2023, Bapanas berdasarkan surat Sekretaris Kabinet Republik Indonesia No.B.0441/SESKAB/EKON/09/2023, Tanggal 2 September 2023, tentang Percepatan Pelaksanaan Bantuan Pangan Beras dan Bantuan Pangan untuk Stunting, ID FOOD, PT Pos Indonesia, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Deli Serdang dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Deli Sedang telah bekerjasama dalam penyaluran bantuan tersebut.

Baca Juga :  Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumut Bersama Pj Gubernur Sumut Sosialisasikan Pesta Demokrasi Terbesar di Indonesia

“Saya berharap semoga penyaluran cadangan pangan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tepat sasaran, sehingga dapat membantu mengurangi dan mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Deli Serdang,” harap Plt Bupati.

Plt Bupati mengajak masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk mendukung agar penyaluran CPP yang merupakan program pemerintah pusat ini dapat berlanjut, sehingga target prevalensi stunting 14 persen tahun 2024 dapat segera tercapai,” tutup Plt Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Deli Serdang, TM Zaki Aufa SSos MAP dalam laporannya menyampaikan penyaluran bantuan tersebut dilakukan dalam dua tahap. Pertama, pada bulan Maret, April dan Mei (tiga bulan), sebanyak 6.513 KRS dan sudah selesai dilaksanakan.

“Alhamdulillah, keluar lagi tahap kedua untuk bulan September, Oktober dan November. Bulan September sudah diterima dan pada ini sekaligus diberikan untuk bulan Oktober dan November. Di Kabupaten Deli Serdang penerima bantuan pada tahap kedua ini bertambah sebanyak 12.392 KRS,” rincinya.

Bantuan yang diberikan, antara lain satu paket berisi satu ekor ayam (daging ayam utuh beku) siap masak dan 10 butir telur. Pemkab Deli Serdang telah berupaya mengusulkan agar bantuan-bantuan pemerintah pusat bisa terus diterima masyarakat Deli Serdang,

“Jadi ini diterima dua paket untuk KRS. Yang diserahkan nantinya merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk menjaga agar program percepatan pencegahan stunting di seluruh Indonesia. Selain bantuan pemerintah pusat, Pemkab Deli Serdang juga sudah menganggarkan dana agar masyarakat tidak ada lagi terkena risiko stunting,” paparnya.

Baca Juga :  Sukseskan Pemilu Serentak Dan PON 2024, Pemprov Sumut Siapkan Berbagai Langkah Ini

Di tempat yang sama, Eksekutif General Manager PT Pos KCU Medan, Mujiono menjelaskan keterkaitan PT Pos dalam penyaluran Bantuan CPP tersebut, yakni diberi penugasan oleh pemerintah untuk mendukung program-program pemerintah. Salah satunya dari Bapanas untuk penyaluran bantuan cadangan pangan.

“Ada dua sebenarnya bantuan cadangan pangan itu, pertama berbentuk beras 10 kilogram dan kedua untuk penanggulangan dampak stunting, yaitu berupa telur 10 butir dan karkas (daging ayam dengan potongan tubuh ayam utuh tanpa bulu, kepala, jeroan dan kaki) siap masak,” terangnya.

PT Pos sudah melaksanakan penyaluran sejak awal bulan November sampai saat ini dengan realisasi sebesar 76 persen dan akan ditargetkan pada 5 Desember 2023, selesai 100 persen.

Hadir pada kegiatan tersebut, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, M Ari Mulyawan Simatupang SH MAP; Kepala Dinas P3AP2KB, Dr Dra Hj Miska Gewasari MM; Kadis Pertanian, Rahman Saleh Dongoran SP MSi; Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Putra Jaya Manalu SE MM; Kadis Perikanan, Drs Iwan Januar Salewa; Kadis Koperasi dan UKM, Adela Sari Lubis STr Keb MKM; Camat Patumbak, M Kennedy Tarigan SSTP MSi bersama unsur Muspika; para kepala desa dan lainnya.(Mirza).

Berita Terkait

Sekda Deli Serdang Hadiri Rapat Hasil Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Deli Serdang Pemilu 2024
Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Deli Serdang Tahun 2025
Caleg DPRD Kabupaten Labuhanbatu Josman Sinaga Peroleh Suara Tertinggi di Dapil 3.
Diduga Sempat Ditolak, Akhirnya Laporan Korban Dugaan Penipuan Pengurusan Sertifikat Rumah Diterima Polsek Pancur Batu
Oknum Ketua OKP Pelaku Pengancaman Ditangkap, Korban Ucapkan Terimakasih Kepada Kapolsek dan Kanit Reskrim Polsek Sunggal
Gubsu Hadiri Panen Padi di Tanjung Morawa, Bupati: Deli Serdang Lumbung Pangan Sumatera Utara
Apresiasi Keberhasilan Pemkab Labuhanbatu, Ini Penyampaian Kepala Bapenda Sumut:
Caleg Ditipu Kades Marindal II, Sekda DS:: Kita Tindak Tegas

Berita Terkait

Minggu, 3 Maret 2024 - 19:10 WIB

Santer, Terima Uang Ratusan Juta Dari Caleg DPR RI Untuk Mendulang Suara, Ketua PPK Bilah Hilir Sebut Kerjasama Dengan Kades dan Mantan Kades.

Minggu, 3 Maret 2024 - 15:42 WIB

Plt. Bupati Kabupaten Labuhanbatu Hadiri Kegiatan CFD, Jelang Bulan Ramadhan Tingkatkan Kualitas Berolahraga.

Jumat, 1 Maret 2024 - 17:16 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Jumat, 1 Maret 2024 - 16:14 WIB

Pihak SMAN 1 Panai Hilir Bersama Orang Tua Siswi Bermaaf-maafan Hanya Karena Miskomunikasi

Senin, 19 Februari 2024 - 22:32 WIB

Sinergitas TNI-POLRI Dalam Pengamanan Pleno Rekapitulasi di Tingkat PPK di Wilayah Hukum Polsek Bilah Hilir.

Senin, 19 Februari 2024 - 21:10 WIB

Pastikan Rapat Pleno Berjalan Aman dan Lancar, Plt. Bupati Labuhanbatu Tinjau Langsung Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

Senin, 19 Februari 2024 - 18:11 WIB

Hari Kesaktian Kesadaran Nasional, Pidato Bupati Labuhanbatu Ingatkan ASN Berikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

Selasa, 13 Februari 2024 - 19:37 WIB

Camat Bilah Hilir Didampingi Forkopincam Memonitoring Langsung Proses Penyaluran Logistik Pemilu Serentak 2024

Berita Terbaru

DELI SERDANG

PPK Tanjung Morawa Diduga Mafia Penggelembungan Suara

Senin, 4 Mar 2024 - 00:18 WIB