Upacara HUT ke-52 Korpri Terapkan Meritokrasi, ASN Profesional

- Redaksi

Kamis, 30 November 2023 - 00:06 WIB

50135 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DELI SERDANG – Bara News

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023 dilaksanakan bertempat di lapangan Alun Alun Pemkab Deli Serdang, Rabu (29/11/2023).

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar dalam kata sambutannya menekankan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, untuk mampu menerapkan Meritokrasi dalam birokrasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Meritokrasi merupakan sistem sosial di mana hasil diperoleh berdasarkan prestasi, yaitu kecerdasan dan usaha. Meritokrasi harus berbasis pada kompetensi, kualifikasi dan kinerja yang diberlakukan secara adil, wajar, transparan dan tanpa diskriminasi ujar Plt.Bupati.

Hal tersebut sangat penting agar birokrasi Indonesia menjadi semakin baik.

“Saya berharap sistem Meritokrasi ini segera terwujud dan memudahkan pengembangan karir ASN dalam satu kementerian, kabupaten, provinsi, atau pindah kementerian, pindah kabupaten maupun pindah provinsi. Hal ini harus dapat dilakukan karena tujuan Meritokrasi adalah untuk merekrut ASN secara profesional, mengembangkan kompetensi ASN, kepastian karir ASN, perlindungan karir ASN, pengelolaan ASN yang efektif dan efisien dan penghargaan untuk memotivasi ASN,” papar Plt Bupati dalam pidatonya pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023 di Alun Alun Pemkab Deli Serdang, Rabu (29/11/2023).

Baca Juga :  Kuasa Hukum : Klien Saya Tidak Pernah Melakukan Penipuan,  Bahkan AF Lah Yang Menipu Klien Saya Rp.2,3 Milyar

Korpri yang memiliki peran penting dan strategis dalam membangun bangsa Indonesia, lanjut Plt Bupati, merupakah salah satu wadah perekat dan pemersatu bangsa. Melalui Korpri, ASN selalu berperan dengan meningkatkan kinerja, berkolaborasi dan bersinergi, serta menumbuhkan energi positif dalam setiap pelaksanaan tugas, kewajiban dan tanggung jawab yang diamanahkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Untuk itu, saya mengingatkan tentang netralitas dimaksud karena orientasi Korpri tetap tidak berubah, yaitu untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Saya minta kepada seluruh Pengurus Korpri untuk terus menjaga anggotanya, agar tetap tegak lurus kepada Negara, Pancasila dan UUD 1945. Secara khusus, saya juga meminta keluarga besar Korpri untuk terus membentengi anggotanya dari intoleransi dan radikalisme,” tegas Plt Bupati yang bertindak sebagai pembina upacara.

Plt Bupati berharap, Korpri mampu membaca dan menjawab tantangan zaman dengan memperkuat kompetensi dan budaya digital pada seluruh ASN di tanah air, membentuk layanan digital pemerintah secara terpadu mengutamakan kebutuhan warga.

Perkembangan yang terjadi saat ini adalah sebuah perubahan yang sangat cepat karena dua hal besar, yaitu perkembangan teknologi dan perubahan harapan masyarakat yang terus meningkat. Dua faktor besar pengubah kehidupan tersebut harus disikapi oleh Korpri.

Saat ini, dunia sudah digerakan oleh AI (Artificial intelligence), IoT (internet of thing), Big Data, sistem dan algoritma pemrograman, coding, maupun verifikasi biometrik, sehingga tidak bisa lagi menggerakan pemerintahan dengan cara-cara lama.

Baca Juga :  Lapor Jenderal,Kami Mohon Segel Tambang di Sungai Ular Dusun II Desa Citaman Jernih Perbaungan Sergai-Sumut

“Kita tidak boleh menyelesaikan masalah saat ini dengan pendekatan masa lalu. Kita harus menyelesaikan masalah yang ada saat ini dengan pendekatan yang paling update. Digitalisasi dalam proses, hasil layanan dan marketing semua produk layanan pemerintahan sudah merupakan kebutuhan,” jelas Plt Bupati.

Harapan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat tajam. Masyarakat sangat berharap pemerintah memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, lebih akurat. Layanan saat tersebut sudah harus bisa diakses secara online, cepat dan tepat.

Apalagi, saat ini program utama Korpri mencakup peningkatan kualitas pelayanan publik, digitalisasi birokrasi, penguatan ideologi ASN, perlindungan karir, bantuan hukum, dan peningkatan kesejahteraan. Program tersebut diharapkan membawa dampak positif pada masyarakat.

Untuk itu, Korpri harus mampu membaca dan menjawab perubahan ini guna mengembangkan birokrasi Indonesia yang betul-betul mampu menjadi motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045.

Selaku Perwira Upacara, Drs Zainal Abidin Hutagalung dan Pemimpin Upacara, Kurnia Boloni Sinaga SSTP MAP.

Ikut serta dalam upacara, Sekretaris Daerah Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP; Sekretaris DPRD Deli Serdang, Drs TH Binsar Sitanggang MSP; para staf ahli, asisten, pimpinan organisasi perangkat daerah, camat dan ASN di lingkungan Pemkab Deli Serdang.(Mirza).

Berita Terkait

Diskominfo Kabupaten Labuhanbatu Terima Kunker Tim Diskominfo Provinsi Sumut Dalam Rangka Evaluasi Asistensi Pengisian Indeks KAMI
Asisten II Pemkab Deli Serdang Tinjau Harga & Kebutuhan Pokok di Sejumlah Pasar Di Deli Serdang.
Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Selenggarakan Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun, Ini Pesan PLT. Bupati:
Ketum PERMA Labusel, Desak POLDASU Segera Proses Hukum Oknum Kadis Pendidikan Labusel
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Plt. Bupati Ellya Rosa Terima Rekomendasi LKPJ Bupati T.A 2023
Mewakili Plt. Bupati Labuhanbatu, Hobbol Z Rangkuti Beri Paparan Tentang GASPUL Atas Capaian 10 Besar Lomba Inovasi Tk Provinsi Sumut
Konflik Kelompok Tani dengan PTPN II, Penrad: Hentikan Pembongkaran Rumah Warga!
Ada Apa Polrestabes Medan..!!? Eks Kadis Perkim Dilaporkan Kepolisi Kasatreskrim Bungka

Berita Terkait

Sabtu, 1 Juni 2024 - 00:40 WIB

Kurangnya Pengawasan Dalam Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang Dari Hasil Korupsi

Sabtu, 30 September 2023 - 01:08 WIB

Memandang Hakim Mahkamah Konstitusi yang Baru : Dilema Antara Politik Dan Integritas

Berita Terbaru