Pemkab Labuhanbatu dan Masyarakat Apresiasi Aplikasi PASTI Polres Labuhanbatu

- Redaksi

Kamis, 21 September 2023 - 11:44 WIB

50264 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Labuhanbatu – BaraNews Sumut | Inovasi problem solving dengan konsep berbasis digital atau aplikasi Percepatan dan Antisipasi Stunting (PASTI ) Polres Labuhanbatu yang di luncurkan pada bulan yang lalu mendapat apresiasi dari Pemkab Kabupaten Labuhanbatu dan masyarakat.

Atas nama Pemkab Labuhanbatu, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar menyampaikan apresiasi kepada Kapolri, Kapolda Sumut dan Kapolres Labuhanbatu yang telah membuat inovasi aplikasi Polres Labuhanbatu, sehingga tim stunting dapat melihat rekam medis peningkatan tinggi badan dan setra panjang badan anak yang mengalami stunting melalui kunjungan tiap minggu yang dilakukan secara langsung untuk mengetahui perkembangan anak tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

“Kami berharap dengan adanya inovasi aplikasi PASTI serta kegiatan percepatan antisipasi stunting oleh Polres Labuhanbatu dapat menurunkan angka stunting di wilayah Kabupaten Labuhanbatu,” ucap Ellya Rosa Siregar yang juga Ketua TPPS Kabupaten Labuhanbatu.

Ucapan yang sama juga disampaikan masyarakat Kecamatan Bilah Hilir dan Kecamatan Pangkatan atas aplikasi PASTI Polres Labuhanbatu yang mana masyarakat sudah merasakan sentuhan aplikasi PASTI Polres Labuhanbatu melalui Bhabinkamtibmas Polsek Bilah Hilir melalui vidio call tiap minggunya secara langsung.

Diketahui Polres Labuhanbatu meluncurkan inovasi baru dalam upaya pencegahan dan antisipasi stunting. Melalui tekhnologi digital meluncurkan Aplikasi PASTI (Percepatan dan Antisipasi Stunting Polres Labuhanbatu).

Baca Juga :  Pemkab Labuhanbatu Terima DIPA Tahun 2024 Secara Digital Dari Gubernur Sumatera Utara.

Dengan menggandeng Pemkab Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Induk serta stakeholder terkait lainnya yaitu BKKBN, IDI, pegiat stunting, tokoh agama dan tokoh masyarakat, berkomitmen untuk secara proaktif bersama-sama mempercepat dan mengantisipasi stunting di wilayah Polres Labuhanbatu.

“Aplikasi PASTI Polres Labuhanbatu merupakan aplikasi berbasis android yang memudahkan tim terpadu penanganan stunting untuk mengetahui perkembangan kesehatan anak per minggu,” kata Kapolres Labuhanbatu, AKBP James Hutajulu melalui Kapolsek Bilah Hilir Iptu Sahat M. Lumban Gaol, Kamis (21/09/2023).

Diungkapkannya, Aplikasi PASTi itu diluncurkan menyikapi era teknologi informasi yang semakin canggih serta menuntut percepatan dalam penyelesaian berbagai permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Aplikasi PASTI Polres Labuhanbatu ini diinisiasi Kapolres AKBP James Hutajulu.

“Aplikasi PASTI Polres Labuhanbatu ini adalah inovasi problem solving dengan konsep berbasis digital,” jelas Sahat Lumban Gaol.

Disampaikannya, peluncuran aplikasi itu berawal dari basis data per Juli 2023, jumlah anak stunting di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) sebanyak 338 anak dan di Labuhanbatu 194 anak.

“Hal inilah yang menjadi latar belakang dan urgensi perlunya percepatan dalam penanganan stunting melalui suatu inovasi problem solving dengan penerapan strategi pemolisian 4.0,” paparnya.

Baca Juga :  Wabup Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar Mengkordinir Pencarian Korban Hanyut Almarhum Dio Wardana Sampai Ditemukan

Dia memastikan, Polres Labuhanbatu berkomitmen secara proaktif bersama-sama mempercepat dan mengantisipasi stunting di wilayah hukumnya.

Upaya itu tidak terlepas dari peran serta Pemkab Labura dan Labuhanbatu serta stakeholder terkait lainnya, yaitu BKKBN, IDI, pegiat stunting, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Inovasi itu dapat memberikan informasi tentang asupan vitamin dan tambahan makanan bergizi yang telah diberikan, serta dapat secara langsung melakukan video call dengan anak stunting untuk mengetahui secara langsung perkembangan anak,” tuturnya.

Dia menambahkan, percepatan dan antisipasi stunting dilakukan dengan mengoptimalkan serta mengubah metode dari bersifat menunggu, “pasif” menjadi sistem “door to door” untuk membantu pendataan, pencatatan, pengolahan informasi serta tindakan percepatan yang harus dilakukan.

Selain itu, melalui aplikasi ini dapat langsung dilakukan video call dengan keluarga si anak untuk mengetahui secara langsung perkembangannya.

“Inovasi problem solving dengan pemanfaatan Aplikasi PASTI Polres Labuhanbatu ini merupakan tindak lanjut dari upaya Polri dalam mendukung program prioritas pemerintah serta Program Quick Wins Presisi Kapolri dan Program Kita Kapolda Sumut, menuju transformasi Polri yang Presisi serta semakin dicintai masyarakat,” pungkasnya.(Hidayat)

Berita Terkait

Diskominfo Kabupaten Labuhanbatu Terima Kunker Tim Diskominfo Provinsi Sumut Dalam Rangka Evaluasi Asistensi Pengisian Indeks KAMI
Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Selenggarakan Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun, Ini Pesan PLT. Bupati:
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Plt. Bupati Ellya Rosa Terima Rekomendasi LKPJ Bupati T.A 2023
Mewakili Plt. Bupati Labuhanbatu, Hobbol Z Rangkuti Beri Paparan Tentang GASPUL Atas Capaian 10 Besar Lomba Inovasi Tk Provinsi Sumut
Setelah Mengikuti Peresmian Kick Off Gerakan Penting Secara Zoom Meeting, Plt. Bupati Labuhanbatu Tinjau Kegiatan Posyandu Teratai
Kompetisi Liga ASKAB PSSI Labuhanbatu Resmi Ditutup Plt. Bupati Ellya Rosa Siregar
Kegiatan TMMD Ke-120 di Desa Selat Beting Resmi Ditutup, Ini Pesan Danrem 022/PT:
Kedatangan Danrem 022/PT Disambut Plt. Bupati Labuhanbatu Dengan Jamuan Makan Malam Bersama

Berita Terkait

Sabtu, 1 Juni 2024 - 00:40 WIB

Kurangnya Pengawasan Dalam Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang Dari Hasil Korupsi

Sabtu, 30 September 2023 - 01:08 WIB

Memandang Hakim Mahkamah Konstitusi yang Baru : Dilema Antara Politik Dan Integritas

Berita Terbaru