Dinas Perikanan dan Peternakan Batu Bara di Laporkan Apdesu ke Kejati Sumut Terkait Dugaan Honor Fiktif?

- Redaksi

Kamis, 21 September 2023 - 09:34 WIB

50403 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Batu Bara – Aksi lapor Aliansi Pemuda Desa Bersatu Indonesi (APDESU) terhadap Pejabat Publik di Lingkungan Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Batubara masuk dalam tahapan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Terpantau, Adam Malik dan Timnya masuk menuju Gedung Kejaksaan Tinggi Sumut di Jl. Jenderal Besar A.H. Nasution No.1 C, Pangkalan Masyhur, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (19/09/2023).

Dengan membawa berkas – berkas yang dibawa dalam amplop kuning, ia dan tim langsung masuk ke ruangan PTSP sebagai syarat SOP penerimaan berkas Laporan di Lingkungan Kejatisu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Saat di wawancarai tentang laporan apa kepada kejatisu, ia menjelaskan bahwa banyak dugaan honorer fiktif di Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Batu Bara T.A 2022.

“Ya, kita lihat saja ya, yang pasti Masih Dugaan Awal Memanipulatif data – data pegawai honor Dinas hasil analisa Kami, baru saja keluar dari PTSP”.ungkapnya

Awak media pun terus menggali informasi, ia menyampaikan bahwa yang di lapor adalah soal realisasi 807 Jt Honorarium Operator/Administrator/Petugas di Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Batu Bara T.A 2022.

Baca Juga :  Kapolres Batu Bara Evakuasi dan Himbau Supir Truk Pengangkut Beras, Tumpah di Jalinsum Tanah Gambus

“Pertama, kami sudah mendapatkan bukti permulaan yang sangat cukup, baik berupa 104 Transaksi SP2D dinas Perikanan T.A 2022 terkait cara – cara mereka menarik dana APBD dari BKAD kemudian Ke Bank Sumut dan realisasi ke petugas/operator hingga bernilai Rp. 807 juta”. Ungkapnya.

Kemudian ia menjelaskan dengan bukti – bukti lainnya berupa rekaman dari hasil RDP KOMISI II antara dinas perikanan & peternakan dengan pihaknya.

“Bukti berikutnya yaitu jumlah Pegawai Honorer disana dan jumlah besaran per bulan di bayarkan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan saat RDP dengan Komisi II bersama dengan Kami”. Ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa ada 6.4 Miliar dari 12 Miliar Anggaran Dinas Perikanan TA 2022 di gunakan utk pembayaran gaji ASN, Tunjangan dan Honorer. Total honorer yang di bayar yaitu mencapai 1 Miliar lebih yang terdiri dari bidang perikanan dan bidang peternakan dll.

“Bidang Perikanan saja itu 807 Juta pembayaran honorariumnya. Ada petugas TPI yang perlu di selidiki dan operator program Kusuka, SeHATKAN, SIMKADA dll”. Kalau dari total jumlah honor yang disampaikan mereka saat RDP harusnya hanya 370 jt hingga 450 juta selama 1 tahun, jadi sisa itu kurang lebih 350 juta an”. Ungkapnya.

Baca Juga :  Kapolres Batu bara AKBP Jose D.C Fernandes.S.IK Beri Kejutan Ke PWI Batu Bara Jelang Hari Pers Nasional

Adam menyampaikan bahwa sudah menyerahkan semua berkas – berkas yang di minta sesuai dengan SOP pelaporan di Kejatisu. Ia berharap Kejatisu dapat menindaklanjuti laporannya karena ia khawatir adanya dugaan korupsi gaya baru di tubuh Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten batu bara.

“Dari hasil laporan kami, kemungkinan besar kejatisu akan meminta bukti payroll bendahara pengeluaran saat mengirim jumlah uang yang di transfer kepada operator/petugas penerima honor di dinas, dan 1 lagi mungkin SK ya. Rekam jejak pengiriman di Bank Sumut juga akan di minta barangkali”. Pungkasnya.

Sementara terpisah, Kadis Perikanan dan Peternakan Batu Bara Antoni Ritonga di hubungi melalui via WA HP nya terkait konfirmasi dugaan pembayaran honor Fiktif HP nya tidak aktif hingga berita ini ditayangkan ke redaksi media ini.

(Tim/Red)

Berita Terkait

Dipimpin Langsung Kasat Narkoba, Ringkus Bandar Narkoba Simpang Gambus
Polres Batubara Dan Pemkab Deklarasi Gebyar Menuju Batu Bara Bersih Dari Narkoba
Polres Batubara dan Pemkab Batu Bara Deklarasi dan Gebyar Batu Bara Bersih Narkoba
Berantas peredaran narkoba, berikut tindakan yang dilakukan Polres Batubara
Dari Dataran Tinggi Tim Safari Ramadhan DPW Persatuan Batak Islam Sumatera Utara Memasuki Daerah Pesisir Kabupaten Batubara,
Diduga Malladministrasi, PD GPI Batu Bara Akan Laporkan Anggaran BLU RSUD 26 Milyar T. A 2022?
Sang pejuang Dhuafa Kunjungi Langsung Anak Langit di Pesisir Selat Malaka
Khusus Transaksi Sabu Supir Truk, Randi Irawan Ditangkap Satnarkoba Polres Batubara

Berita Terkait

Sabtu, 1 Juni 2024 - 00:40 WIB

Kurangnya Pengawasan Dalam Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang Dari Hasil Korupsi

Sabtu, 30 September 2023 - 01:08 WIB

Memandang Hakim Mahkamah Konstitusi yang Baru : Dilema Antara Politik Dan Integritas

Berita Terbaru