Bunda PAUD dr. Maya Hasmita Gelar Webinar Senin Seru Tindak Lanjut Transisi PAUD-SD Secara Zoom

- Redaksi

Senin, 18 September 2023 - 23:50 WIB

50300 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[URIS id=11532]

 

LABUHANBATU-BaraNews Sumut | Transisi dari Paud ke SD adalah merupakan proses perpindahan peran anak peserta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi peserta didik Sekolah Dasar (SD) dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan belajar baru.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kesiapan sekolah harus berangkat dari tujuan pembelajaran yang sesungguhnya, yaitu memastikan setiap anak mendapatkan haknya untuk memiliki kemampuan pondasi untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Dari itu, selaku pihak penyelenggara PAUD dipandang penting memiliki strategi untuk melakukan perubahan masa ataupun transisi untuk generasi penerus bangsa dari pendidikan PAUD ke SD dengan cara yang benar-benar profesional dan tentunya membuat senang hati anak- anak salah satunya melalui “Webinar Senin Seru” yang digelar oleh Bunda PAUD Labuhanbatu di Rumah Dinas Bupati Labuhanbatu jalan WR Supratman Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara, Senin (18/9/2023).

Webinar Senin Seru merupakan bagian dari aksi nyata yang bertujuan memberikan penguatan gerakan transisi dari PAUD ke SD.

Baca Juga :  Sarimpunan Ingatkan Kembali Batasan Waktu Malam Bagi Anak di Luar Rumah Saat Bacakan Isi Pidato Plt. Bupati Labuhanbatu

Menurut Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu dr. Hj. Maya Hasmita, Sp.O.G, MKM, tertuang dalam Webinar bahwa ada dua macam inovasi dari gerakan transisi PAUD ke SD yaitu, Mama PD(Masyarakat Memahami Transisi PAUD ke SD) dan Besti (Bersekolah Siap Bertransisi).

“Mama PD yaitu salah satu pendukung keberhasilan dari transisi PAUD ke SD, yang mana gerakan ini bisa dipahami oleh masyarakat sebagai wali murid yang akan melaksanakan transisi dari PAUD ke SD untuk menghilangkan mis konsepsi yang selama ini terjadi dimasyarakat,” jelas dr. Maya Hasmita.

Sedangkan inovasi “Besti” menurut dr. Maya, yaitu inovasi yang dilakukan untuk mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan menuju PAUD berkualitas.

“Besti sendiri memiliki makna sahabat terbaik, artinya pendidikan di PAUD dan SD harus berkolaborasi dan berkomunikasi menjalin hubungan baik untuk mensukseskan transisi PAUD ke SD,” paparnya.

Baca Juga :  Gereja HKBP Negeri Lama Terima Batuan 30 Zak Semen Dari Polsek Bilah Hilir

Selain dua inovasi tersebut, untuk mensukseskan transisi, Bunda PAUD memiliki rencana tindak lanjut mendukung program transisi yang menyenangkan diantaranya surat edaran ke satuan pendidikan No Calistung, surat edaran Dinas Pendidikan ke SD kelas awal belajar sambil bermain. Kunjungan Bunda PAUD ke setiap PAUD untuk menyapa dan memotivasi guru PAUD, juga memberdayakan forum komunikasi transisi PAUD ke SD.

“Bunda PAUD akan bersosialisasi dengan masyarakat terkait transisi, menjalin kolaborasi dengan stakeholder satuan pendidikan,
stasiun televisi, media, dunia usaha, dan masyarakat,” cetus dr. Maya.

Diakhir kesempatan Bunda PAUD Labuhanbatu mengajak seluruh lapisan dan stakeholder terkait untuk selalu berkolaborasi membangun sebuah keistimewaan yang ada pada diri anak PAUD generasi harapan bangsa.

Webinar yang digelar secara zoom itu di ikuti guru-guru PAUD dan guru kelas SD bawah, Korwilcam bidang pendidikan, Kepala Sekolah SD, Penyelenggara PAUD, Bunda PAUD Kecamatan dan Desa serta
Organisasi Mitra Pendidikan.(Hidayat)

Berita Terkait

Dirangkum Dengan Halalbihalal, Plt. Bupati Pimpin Upacara Perdana HKN Setelah Libur Idul Fitri 1445H/2024M
Momen Halalbihalal, Camat Ridwan Syahputra Minta Tetap Jaga Kerukunan Bersuku dan Beragama di Kecamatan Bilah Hilir.
Sidak Hari Pertama Kerja Pasca Libur Panjang Lebaran, Plt Bupati Labuhanbatu Pastikan Instansi Pelayanan Berjalan Normal.
Plt. Bupati Hj. Ellya Rosa Bersama Dandim 0209/Labuhanbatu Kunjungi Keluarga Almarhumah Aroh di Desa Tanjung Harapan Pangkatan.
Bersama Dandim 0209/Labuhanbatu Plt. Bupati Ellya Rosa Tinjau Lokasi Kegiatan TMMD ke-120 di Desa Selat Beting Panai Tengah.
Plt. Bupati Labuhanbatu Laksanakan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Bersama Warga di Masjid Raya Al Ikhlas Ujung Bandar Rantau Selatan
Safari Ramadhan BUMN 2024, Plt Bupati Labuhanbatu Turut Membagikan 1000 Paket Sembako Murah Kepada Masyarakat.
Dibeli Dari Pedagang, Plt. Bupati Labuhanbatu Bagikan Takjil Kepada Warga.

Berita Terkait

Kamis, 18 April 2024 - 11:53 WIB

Peresmian Pustu Desa Sampali, Bupati: Bentuk Pembangunan Manusia & Perekonomian Bangsa

Rabu, 17 April 2024 - 19:53 WIB

Komplotan Penipu Giveaway Marelan Raup Puluhan Juta Setiap Hari

Rabu, 17 April 2024 - 17:27 WIB

Dirangkum Dengan Halalbihalal, Plt. Bupati Pimpin Upacara Perdana HKN Setelah Libur Idul Fitri 1445H/2024M

Rabu, 17 April 2024 - 12:53 WIB

Bupati Deli Serdang Silaturahmi dan Halal Bihalal Dengan Seluruh Pegawai Dijajarannya.

Rabu, 17 April 2024 - 00:24 WIB

Luar Biasa!!, Judi Tembak Ikan Mulai Marak di Wilkum Polsek Medan Barat

Selasa, 16 April 2024 - 17:08 WIB

Momen Halalbihalal, Camat Ridwan Syahputra Minta Tetap Jaga Kerukunan Bersuku dan Beragama di Kecamatan Bilah Hilir.

Selasa, 16 April 2024 - 16:32 WIB

Sidak Hari Pertama Kerja Pasca Libur Panjang Lebaran, Plt Bupati Labuhanbatu Pastikan Instansi Pelayanan Berjalan Normal.

Senin, 15 April 2024 - 22:22 WIB

Gerak Cepat Kapolsek Delitua Kompol Dedy Dharma,SH Evakuasi Pohon Tumbang Diapresiasi Masyarakat

Berita Terbaru