Polda Sumut Bongkar Sindikat Narkoba Jaringan Internasional, 6 Pelaku Asal Sei Berombang Labuhanbatu

- Redaksi

Selasa, 12 September 2023 - 22:34 WIB

501,668 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

LABUHANBATU-BaraNews Sumut | Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumatera Utara membongkar sindikat narkoba jaringan internasional dengan modus mengemas 23 Kg narkoba ke dalam kotak Teh China. Dalam kasus ini, ada tujuh orang tersangka yang diamankan dari dua tempat yang berbeda yakni wilayah Kelurahan Perlompongan, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan dan Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Madya Tanjung Balai, Sumatera Utara.

Ditresnarkoba Polda Sumut berhasil membongkar sindikat jaringan narkoba internasional, Selasa (5/09/2023) di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kelurahan Perlompongan, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Penangkapan terhadap sindikat narkoba Internasional jaringan Malaysia-Tanjung Balai oleh Unit 4 Subdit I Direktorat Narkoba Polda Sumut dibawa komando AKBP Hendri Sibarani SIK, berhasil membekuk 7 orang pelaku.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hal itu ditegaskan oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Selasa (12/09/2023).

Ketujuh pelaku yang berhasil ditangkap, 6 orang merupakan warga Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir, Labuhanbatu, sedangkan satu orang lainnya warga Kota Madya Tanjung Balai. Para pelaku yang tertangkap yakni, ARN (47), Zul (44), GN (34), MR (43), RS (41), MHRN (34) dan YL (39).

Baca Juga :  Waduh, Tiga Petugas Penjara Perkosa Wanita Muda Dan Ditonton 4 Rekannya

Dijelaskannya lagi, penangkapan yang dilakukan di Jalan Lintas Sumatera tepatnya di Kelurahan Perlompongan, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan oleh tim Unit 4 Subdit I, awalnya sebanyak 3 pelaku yang berhasil ditangkap.

“Tiga orang pelaku saat itu mengendarai mobil menuju Kota Madya Tanjung Balai. Sekira pukul 23.00 WIB, saat melintas di wilayah Kecamatan Air Batu Asahan, mobil dihentikan oleh tim Subdit I dan dilakukan pemeriksaan,” tambahnya

Saat dilakukan pemeriksaan di dalam mobil, ditemukan narkoba jenis sabu – sabu sebanyak 23 Kg yang dikemas dalam kotak Teh China merk Chinese Pin Wei dengan warna bungkus hijau muda.

“Ke 3 pelaku yaitu, ARN, Zul, dan GN, kemudian dilakukan proses pengembangan oleh tim dan berhasil menangkap 4 orang lagi dari sindikat narkoba tersebut yakni, MR, RS, MHRN dan YL. Keempatnya ditangkap di Jalan Pancakarsa, Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Madya Tanjung Balai,” tutur Kombes Hadi.

Baca Juga :  Pimpin Apel Gabungan Pegawai Pemerintah, Sarimpunan Instruksikan BPBD Cepat Tanggap dan Sigap Dalam Penanggulangan Bencana

Selain sabu – sabu, lanjutnya, ditemukan 2 buah tas merk camel Mountain. 1 unit Mobil Warna hitam dan 2 unit sepeda motor dan sabu – sabu sebanyak 23 Kg saat ini disita oleh polisi sebagai barang bukti untuk tindak lanjut proses hukum selanjutnya.

Menurut Kombes Hadi, para tersangka merupakan pelaku jaringan Internasional Malaysia – Tanjung Balai yang membawa Narkotika jenis sabu dari wilayah perairan Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir, Labuhanbatu untuk di bawa ke wilayah Tanjung Balai dan Medan.

“Kita juga menghimbau masyarakat untuk bersama-sama memerangi narkoba guna mewujudkan Sumut Bersih dari peredaran Narkotika,” pungkas Kombes Hadi Humas Polda Sumatera Utara.

Pengungkapan kasus ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Jokowi terkait pemberantasan narkoba. Jokowi meminta penegakan hukum terhadap penyalahgunaan narkoba dilakukan dengan tegas. Selanjutnya para tersangka dan barang bukti di bawa ke mako Ditresnarkoba Polda Sumut guna proses hukum dan pengembangan lebih lanjut. (Hidayat)

Berita Terkait

Diskominfo Kabupaten Labuhanbatu Terima Kunker Tim Diskominfo Provinsi Sumut Dalam Rangka Evaluasi Asistensi Pengisian Indeks KAMI
Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Selenggarakan Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun, Ini Pesan PLT. Bupati:
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Plt. Bupati Ellya Rosa Terima Rekomendasi LKPJ Bupati T.A 2023
Bacakan Eksepsi, Iskandar Nilai Dakwaan JPU Mising Link
Mewakili Plt. Bupati Labuhanbatu, Hobbol Z Rangkuti Beri Paparan Tentang GASPUL Atas Capaian 10 Besar Lomba Inovasi Tk Provinsi Sumut
Polsek Parapat Resor Simalungun Berhasil Tangkap Empat Pemuda Bersama 1,20 gram Sabu
Kerja Keras Jatanras Polres Simalungun Berbuah Manis, Tersangka Salah Tembak Ditangkap di Jambi
Seorang Kakek di Dairi, Diringkus Sat Reskrim Polres Dairi Usai Lakukan Cabul ke Tetangganya

Berita Terkait

Sabtu, 1 Juni 2024 - 00:40 WIB

Kurangnya Pengawasan Dalam Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang Dari Hasil Korupsi

Sabtu, 30 September 2023 - 01:08 WIB

Memandang Hakim Mahkamah Konstitusi yang Baru : Dilema Antara Politik Dan Integritas

Berita Terbaru