Dirikan Bangunan Liar, Seorang Karyawan PT Freeport Dilaporkan Ke Polres Simalungun

- Redaksi

Minggu, 6 Agustus 2023 - 14:14 WIB

50271 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Simalungun – Parulian Damanik warga Kelurahan Sari Matondang Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun didampingi kuasa hukumnya Bulan Damanik mendatangi Polres Simalungun, Jumat, (04/8/2023) sore hari, guna melaporkan Hendrik Damanik alias HD yang dianggap dengan sengaja mendirikan bangunan diatas lahan yang telah bersertifikat Hak Milik (SHM) Parulian Damanik.

Hendrik Damanik alias HD merupakan warga Kelurahan sari matondang, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, juga karyawan di Salah satu perusahaan tambang emas terkemuka di Indonesia, PT Freeport.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hendrik Damanik diduga dengan sengaja mendirikan bangunan tanpa ijin Parulian Damanik sehingga sebabkan Parulian Damanik merasa dirugikan dan keberatan.

Diketahui jika Lahan milik Parulian Damanik memiliki sertifikat yang diterbitkan oleh kementerian Agraria dan tata ruang/ Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, Kantor Pertanahan Kabupaten Simalungun Nomor 1037, seluas Sepuluh ribu dua meter persegi (10.002 M2), selaku pemegang Hak Parulian Damanik. Spd.SE, dan atas surat Hibah dari St Apul Damanaik, selaku Pihak pertama pemberi Hibah kepada Parulian Damanik, S.Pd, SE, Kamis, 28 Desember 2006 diketahui dan di tanda tangani oleh para saksi.

Baca Juga :  Jaga Ketertiban dan Kenyamanan Sholat Subuh, Polsek Serbalawan Gelar Pengamanan dan Himbauan Anti Pencurian

Parulian Damanik melalui kuasa hukumnya Bulan Damanik saat di konfirmasi mengatakan, telah resmi membuat pengaduan polisi, Minggu (06/8/2023).

“Kita sudah beberapa kali mengingatkan kepada mereka dan kawan – kawan, untuk tidak mendirikan bangunan di atas tanah yang bukan miliknya, tapi tidak di indahkan dan demi kepastian hukum dari klien kami, kita laporkan Hendrik Damanik dan kawan – kawan ke Polres Simalungun untuk di proses hukum,” kata Bulan Damanik.

Parulian Damanik di dampingi oleh kuasa Hukumnya Bulan Damanik melaporkan terlapor Hendri Damanik dengan Surat tanda penerimaan laporan nomor 216/VIII/2023/SPKT Polres Simalungun/ Polda Sumatera Utara, Jumat (04/8/2023) pukul 16.08 Wib, bertempat di kantor kepolisian Polres simalungun.

Pelapor Parulian Damanik melaporkan dugaan tindak pidana penyerobotan Tanah undang undang nomor satu (1) tahun 1946 tentang KUHP sebagaimana di maksud dalam pasal 385 juncto PERPU nomor 51 Tahun 1960 yang terjadi di jalan pemandian bah damanik, di Lingkungan IV, Kelurahan Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, dengan terlapor atas nama Hendrik Damanik, Darwis Damanik.

Baca Juga :  Dukung F1 H2O, Bhabinkamtibmas Polres Simalungun Ajak Warga Turut Mensukseskan Dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan

Sebelumnya, Parulian Damanik bersama para saksi Risdo Damanik dan Sindra Damanik melihat jika di lokasi lahan miliknya berdiri 2 unit bangunan berbentuk pondok, 1 unit bangunan berbentuk warung, 12 unit bangunan berbentuk kamar mandi, dan 1 unit bangunan yang masih dalam proses pembangunan yang diduga dilakukan oleh terlapor Hendrik Damanik dan Darwis Damanik. Melihat hal ini, beberapa kali telah disampaikan kepada Hendrik Damanik dan Darwis Damanik agar bangunan tersebut dibongkar sendiri tetapi tidak kunjung dibongkar hingga Parulian Damanik didampingi Bulan Damanik membuat laporan ke Polres Simalungun.

Atas perbuatan para terlapor tersebut, Parulian Damanik merasa telah dirugikan secara materi kurang lebih Rp.100.000.000 (Seratus juta rupiah) sehingga melaporkan ini ke polres Simalungun agar para terlapor di proses hukum sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Penulis : Andrew T Panjaitan,ST

Berita Terkait

Klarifikasi Tokoh Masyarakat Batak Mengenai Insiden Kapolsek Perdagangan Membentak Wartawan
Patroli Kasat Lantas Polres Simalungun IPTU Jonni Antisipasi Geng Motor dan Truk ODOL
Polres Simalungun Ajak Masyarakat Ikuti Lomba Kreatif HUT Bhayangkara ke-78
Sat Lantas Polres Simalungun Gelar Blue Light Patrol, Jaga Keamanan dan Ketertiban Lalu Lintas Dimalam Hari
Polres Simalungun Gelar Upacara Peringatan Harlah Pancasila 2024, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045
Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Dampingi Kapolres Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024
Polsek Dolok Batu Nanggar Tindak Lanjuti Aduan Masyarakat, Berhasil Tutup Praktek Judi Tembak Ikan
Sat Lantas Polres Simalungun Gelar Blue Light Patrol untuk Antisipasi Kejahatan Jalanan

Berita Terkait

Sabtu, 1 Juni 2024 - 00:40 WIB

Kurangnya Pengawasan Dalam Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang Dari Hasil Korupsi

Sabtu, 30 September 2023 - 01:08 WIB

Memandang Hakim Mahkamah Konstitusi yang Baru : Dilema Antara Politik Dan Integritas

Berita Terbaru