Dari Jakarta Polres Taput Berhasil Ringkus Pencuri Emas 520 Gram Di Pangaribuan

- Redaksi

Kamis, 27 April 2023 - 18:06 WIB

501,056 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bara News || TAPUT – Kepolisian Resort Tapanuli Utara ( Taput ) menggelar press relise keberhasilan Sat Reskrim pengungkapan kasus yang menarik perhatian publik selama operasi ketupat Toba 2023 berlangsung. Press relise yang dipimpin Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi, S.I.K, M.H yang di dampingi kasat Reskrim Iptu Zuhatta Mahadi, S.T.Rk , Kasi Humas Ipda B. Gultom, KBO Reskrin Ipda Mula Sihombing dan Kasi Propam Ipda Ali Musa Siregar itu, digelar di mapolres Taput. (Kamis, 27 April 2023)

Dihadapan sejumlah wartawan, Kapolres mengungkapkan, selama Operasi Ketupat Toba 2023 berlangsung, sat reskrim dan sat narkoba berhasil mengungkap kasus yang menarik perhatian masyarakat. Pertama keberhasilan Satreskrim menangkap pelaku pencurian barang berharga berupa perhiasan Emas, milik korban Mina Nainggolan, ( 64 ) warga Jln Onan Sabtu Desa Batu Manumpak Kecamatan Pangaribuan Taput.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pelaku yaitu Pije Gultom ( 23 ) warga Desa Rahut Bosi Onan Sabtu Kecamatan Pangaribuan Kabupaten Taput. Korban MN melaporkan peristiwa pencurian tersebut dari rumahnya tanggal 3 April 2023.

Akibat dari pencurian tersebut, beberapa barang perhiasan lenyap total 520 gram atau sekitar Rp 520.000.000. Menurut Korban, saat kejadian tersebut rumahnya kosong sedangkan barang perhiasan miliknya di simpan di lemari. Korban mengetahui pencurian dari rumahnya pada hari minggu tanggal 2 April 2023, Lalu melaporkannya ke polres Tapanuli Utara pada hari Senin 3 April 2023.

Baca Juga :  Arus Mudik Penerbangan Bandara Silangit Meningkat, Petugas Pos Terpadu Polres Taput Terus Berjaga

“ Pengembangan penyelidikan, diketahui tersangka telah melarikan diri ke medan dan selanjutnya ke Jakarta. Tanpa membuang waktu, Tim yang dipimpin kasat reskrim mengejar tersangka ke Jakarta. Selasa 25 April 2023 sekitar pukul 05.00 Wib, Tersangka berhasil di temukan di tempat persembunyiannya di Jakarta Utara.” Jelas Kapolres Taput.

Hasil pemeriksaan Tim di Jakarta, tersangka mengakui perbuatannya melakukan pencurian. Selanjutnya tersangka di boyong ke Polres Taput untuk pengembangan penyidikan. Saat di periksa, tersangka menjelaskan pencurian tersebut dilakukan saat rumah korban kosong.

” Dengan menggunakan sebilah parang, tersangka membongkor jendela rumah dan masuk kedalam serta mengambil barang perhiasan berupa cincin emas, kalung emas, gelang emas dan perhiasan berlian lainnya. Kemudian berangkat ke medan dan barang tersebut di jualnya di medan dan uang nya di pakai berpoya-poya.” Sambung Johanson.

Baca Juga :  Polres Taput Laksanakan Rajia Kamtibnas Cegah Peredaran Narkotika

Selanjutnya tersangka berangkat ke Jakarta, dan di Jakarta sebahagian barang tersebut dijual untuk biaya poya-poya. Saat dirinya di tangkap, barang bukti yang sisa disita oleh tim sat reskrim yaitu 1 (satu) buah cincin emas, 1 (satu) buah cincin berilian 1 (satu) buah kalung emas , 1 (satu) unit sepeda motor Yamaha R 15, 1 (satu) unit sepeda motor Kawasaki KLX 150 CC dan uang tunai sebesar Rp. 80.000.000,- ( Delapan Puluh Juta Rupiah ).

Tersangka sudah di tahan di polres Taput untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya dan penyidik reskrim masih mengembangkan kasus tersebut,

Selain keberhasilan penangkapan kasus pencurian, beberapa keberhasilan lain juga di paparkan kapolres antara lain, pengungkapan kasus perjudian , kasus Pencurian dengan pemberatan dan kasus penganiayaan.

Korban MN saat di wawancarai wartawan mengatakan apresiasinya atas kinerja Polres Taput dan mengucapkan terimakasih atas pelayanan dengan gerak cepat terkait pengaduannya.

” Saya betul-betul terlayani mulai dari melapor hingga tertangkapnya pelaku. Polri saya rasakan betul-betul hadir dan ada di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan,” Ujar MN.

(Timbul.S)

Berita Terkait

Video Mesum Diduga Sekda Taput Berujung Didemo Mahasiswa Tuntut Dipecat Dan Proses Hukum
Haposan Simanjuntak Resmi Dilantik Sebagai Ketua PAC GAMKI Kecamatan Sipahutar
Penangkapan Kasus Togel Di Sipahutar Dinilai Janggal Dan Tebang Pilih
Bangun Irigasi Dari Dana Desa Dengan Pasir Campur Tanah, Dana Desa Pardinggaran Rawan Dikorupsi
Polres Taput Laksanakan Rajia Kamtibnas Cegah Peredaran Narkotika
Ephorus HKBP Blokir Wa Wartawan Yang Konfirmasi Konflik Jemaat HKBP Cibinong
Dana Bos Rp 1,2 Miliar Tahun Anggaran 2022 Di SMA Negeri Tarutung Jadi Pembicaraan Warga
Bunda Paud Satika Simamora Soroti Kekerasan Seksual Anak Dalam Acara Apresiasi Anak Paud Se-Taput

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 03:18 WIB

Kapolres Simalungun Resmikan Bedah Rumah dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78

Sabtu, 15 Juni 2024 - 02:02 WIB

Pemkab Simalungun Terima Penghargaan Nominasi TPID Award 2024 Kawasan Pulau Sumatera

Kamis, 13 Juni 2024 - 06:40 WIB

Klarifikasi Tokoh Masyarakat Batak Mengenai Insiden Kapolsek Perdagangan Membentak Wartawan

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:24 WIB

Patroli Kasat Lantas Polres Simalungun IPTU Jonni Antisipasi Geng Motor dan Truk ODOL

Jumat, 7 Juni 2024 - 06:05 WIB

Polres Simalungun Ajak Masyarakat Ikuti Lomba Kreatif HUT Bhayangkara ke-78

Jumat, 7 Juni 2024 - 05:43 WIB

Sat Lantas Polres Simalungun Gelar Blue Light Patrol, Jaga Keamanan dan Ketertiban Lalu Lintas Dimalam Hari

Sabtu, 1 Juni 2024 - 22:39 WIB

Polres Simalungun Gelar Upacara Peringatan Harlah Pancasila 2024, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Sabtu, 1 Juni 2024 - 16:59 WIB

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Dampingi Kapolres Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Berita Terbaru