Yonif 125/SMB Tindak Tegas Personelnya Yang Terlibat Kasus Dugaan Asusila, Danyon : Angota Kami Siap Bertanggungjawab

- Redaksi

Selasa, 7 Maret 2023 - 15:23 WIB

50213 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

KARO | Beberapa waktu terakhir, tersebar berita tentang adanya dugaan kasus asusila yang menjerat oknum anggota Yonif 125 Si’mbisa. Melihat adanya kasus yang menjerat salah satu anggotanya, Danyonif 125/SMB Letkol Inf Ronald Manurung, S.Sos, langsung angkat suara.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mengenai kasus yang menjerat personelnya ini, Ronald menjelaskan jika pihaknya perlu meluruskan tentang permasalahan sebenarnya sehingga tidak ada salah persepsi publik yang hanya berdasar pada pernyataan salah satu pihak saja. Dirinya menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan pengusutan terkait kasus asusila yang melibatkan salah satu anggota Yonif 125/Smb berinisial Serda JT dengan pelapor EB, benar adanya.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan internal yang kita lakukan, benar dilakukan secara sadar dan atas dasar suka sama suka,” Ujar Ronald, didampingi Pasiintel Yonif 125/SMB Letda Inf Hasudungan Sinaga.

Dijelaskan Ronald, di mana sesuai pengakuan korban yang telah hamil atas perbuatan JT memang diakui oleh JT. Mengacu pada permasalahan tersebut, dirinya mengatakan pihaknya telah memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku kepada Serda JT atas perbuatannya yang bertentangan dengan hukum dan norma-norma Keprajuritan.

Baca Juga :  Faudu Halawa,S.H Pertanyakan Mengapa BPN Tidak Bisa Memperoses Pembuatan Sertifikat Peralihan Hak Yang Sudah Menjadi Keputusan Pengadilan

“Selain menjatuhkan sanksi sesuai aturan yang berlaku kepada Serda JT, kami juga membuka peluang terhadap keinginan saudari EG yang menuntut pertanggung jawaban dari Serda JT dengan cara menikahi saudari EG,” Katanya.

Atas permintaan tersebut, dirinya menjelaskan jika pijaknya telah menjembatani ke yang bersangkutan. Di mana, anggotanya tersebut secara ksatria bertanggung jawab atas konsekuensi yang dilakukannya secara hukum maupun kesanggupannya untuk menikahi saudari EG. Hal ini terbukti dari dokumentasi administrasi, foto-foto maupun video permohonan nikah yang diajukan Serda JT dengan pasangannya yaitu EG.

Namun seiring berjalan waktu, ternyata EG terlihat berusaha menghindar pada proses pengajuan permohonan nikah. Di mana, wanita tersebut terlihat tidak hadir di beberapa pertemuan sampai dengan saat ini sehingga pihaknya berusaha menghubungi orangtua, keluarga maupun teman-teman dari yang bersangkutan, namun tak kunjung mendapatkan hasil.

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Karo Bersama Forkopimda Gelar Rapat Persiapan Hari Jadi Kabupaten Karo Ke - 78

“Kondisi ini tentunya semakin mempersulit kami untuk menyelesaikan proses pengajuan permohonan nikah Serda JT dengan saudari EG. Dan tanpa disadari tiba-tiba saudari EG mengunggah rekaman video pernyataannya di media yang sangat merugikan nama baik dan reputasi Yonif 125/SMB,” Ungkapnya

Lebih lanjut, keduanya kembali menegaskan sebagai kesimpulan dari klarifikasi atas pernyataan EG atas rekaman videonya di media sosial bahwa Serda JT alah pihak yang bertanggung jawab secara hukum dan berusaha memenuhi permintaan EG untuk menikahinya namun ia menghindar.

Kemudian, pernyataan bahwa Serda JT memberikan obat sehingga EG keguguran adalah tidak benar karena EG hingga saat ini tidak terlihat hadir dan tidak dapat menunjukan bukti maupun saksi-saksi. Selanjutnya, Serda JT telah diberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku atas perbuatannya yang melanggar hukum dan norma-norma keprajuritan. Lebih lanjut, ia mengimbau kepada EG agar segera melakukan klarifikaso pernyataannya yang telah merugikan nama baik satuan Yonif 125/SMB.( Lia Hambali)

Berita Terkait

Kunjungan Mendadak Presiden Jokowi Ke Pasar Buah dan Sayur Berastagi
Dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah Kabupaten Tanah Karo Di Meriahkan Dengan Takbiran Dan Pawai Obor
Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Lakukan Serah Terima Aset Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tiga Binanga
377 PPPK Tenaga Guru Tahun Anggaran 2023 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo Terima SK
Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Bersama Beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Menghadiri Undangan Konsulat Jenderal China
Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Sampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Karo TA. 2023 Unaudited ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara
Untuk Menjalin Silaturahmi Pemerintah Kabupaten Karo Adakan Acara Buka Bersama
Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Karo Buka Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo Tahun 2024

Berita Terkait

Kamis, 18 April 2024 - 11:53 WIB

Peresmian Pustu Desa Sampali, Bupati: Bentuk Pembangunan Manusia & Perekonomian Bangsa

Rabu, 17 April 2024 - 19:53 WIB

Komplotan Penipu Giveaway Marelan Raup Puluhan Juta Setiap Hari

Rabu, 17 April 2024 - 17:27 WIB

Dirangkum Dengan Halalbihalal, Plt. Bupati Pimpin Upacara Perdana HKN Setelah Libur Idul Fitri 1445H/2024M

Rabu, 17 April 2024 - 12:53 WIB

Bupati Deli Serdang Silaturahmi dan Halal Bihalal Dengan Seluruh Pegawai Dijajarannya.

Rabu, 17 April 2024 - 00:24 WIB

Luar Biasa!!, Judi Tembak Ikan Mulai Marak di Wilkum Polsek Medan Barat

Selasa, 16 April 2024 - 17:08 WIB

Momen Halalbihalal, Camat Ridwan Syahputra Minta Tetap Jaga Kerukunan Bersuku dan Beragama di Kecamatan Bilah Hilir.

Selasa, 16 April 2024 - 16:32 WIB

Sidak Hari Pertama Kerja Pasca Libur Panjang Lebaran, Plt Bupati Labuhanbatu Pastikan Instansi Pelayanan Berjalan Normal.

Senin, 15 April 2024 - 22:22 WIB

Gerak Cepat Kapolsek Delitua Kompol Dedy Dharma,SH Evakuasi Pohon Tumbang Diapresiasi Masyarakat

Berita Terbaru