SMSI Kunjungi Sergai, Bupati Sebut Media Siber sebagai Mitra

- Redaksi

Kamis, 9 Februari 2023 - 20:58 WIB

50319 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Sei Rampah  – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menerima rombongan  Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dalam rangka ekspedisi Geopark Kaldera Toba, bertempat di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (7/2/2023) malam.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan apresiasi atas kunjungan pengurus SMSI karena telah menjadikan Kabupaten Sergai sebagai tujuan dalam bersilaturahmi.

Ia menyatakan, perlindungan hingga saat ini terbuka bagi media yang akan bermitra, sepanjang menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Apalagi di era digitalisasi ini, menurutnya media siber menjadi media yang paling eksis saat ini.

Sebagai pemimpin tertinggi di Kabupaten Sergai, saya menyadari betul peran dan fungsi media dalam memajukan pembangunan daerah melalui berbagai informasi yang disampaikannya.

“Eksisnya SMSI di Kabupaten Sergai ini tentu sangat penting untuk menjamin bahwa media yang berada di bawah naungan SMSI adalah media profesional yang memahami kode etik jurnalistik, berkompeten, serta dilindungi oleh undang-undang dan dewan pers,” ucap Bang Wiwik, panggilan populernya.

Dilanjutkan oleh Bupati, sejak Kabupaten Sergai berdiri, banyak pembangunan yang dilaksanakan baik pembangunan fisik maupun pembangunan SDM.

Hal itu ditandai dengan meningkatnya kapasitas indikator makro sosial ekonomi sebagai hasil pembangunan. Adapun pembangunan tersebut seperti indeks pembangunan manusia (IPM) tahun 2022 sebesar 71,21 (kategori tinggi).

Sedangkan pembangunan fisik tahun 2022 antara lain; pembangunan jalan kabupaten sepanjang 70.354 km, sehingga jalan kabupaten dalam kondisi mantap mencapai 600.004 km, atau 69,08%.

Pembangunan jaringan irigasi kabupaten sepanjang 6.405 km, sehingga jaringan irigasi kabupaten dalam kondisi baik mencapai 150.768 km atau 78,93%.

“Pembangunan jembatan sebanyak 5 unit sehingga jembatan dalam kondisi baik sudah mencapai 75 unit atau 60,97%,” jabar Bupati.

Ia melanjutkan, pembangunan juga dilakukan pada saluran drainase sepanjang 2.402 meter; sehingga drainase dalam kondisi baik mencapai 330.167 meter atau 11,69 %.

Baca Juga :  Kapolres Bersama PJU Berolahraga Sepeda (Gowes) Sekaligus Mengecek Stuasi Kamtibmas Di Wilkum Polres Serdang Bedagai

Pembangunan jalan produksi pertanian sepanjang 5.869,20 meter sehingga total jalan produksi pertanian yang telah dibangun mencapai 8.003,70 meter atau 40,02 %.

Pembangunan jalan usaha tani sepanjang 8.407,14 meter, sehingga total jalan usaha tani yang telah dibangun mencapai 10.088,14 meter atau 201,76 %.

Selain itu, ia menuturkan Sergai juga membangun rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 994 unit sehingga RTLH yang sudah dibangun berjumlah 2.617 unit atau 92,32 %.

Pembangunan akses sanitasi layak dan aman sebanyak 5245 rumah tangga, sehingga totalnya menjadi sebanyak 106.092 rumah tangga atau 79,83 %.

Pembangunan akses air minum layak sebanyak 1.093 rumah tangga sehingga total yang sudah dibangun sebanyak 119.622 rumah tangga atau 70,80 persen.

Pembangunan lumbung pangan lantai jemur dan usaha penggilngan padi masing-masing sebanyak 3 unit sehingga total yang sudah bangun masing-masing sebanyak 5 unit atau 100 persen.

Tak hanya pembangunan infrastruktur, Sergai juga memiliki deretan prestasi baik tingkat nasional maupun provinsi yang diperoleh tahun 2022.

Beberapa di antaranya penghargaan predikat opini wajar tanpa pencapaian (WTP) yang keempat kali dari perwakilan Sumut BPK RI.

Masih lanjut Bang Wiwik, Kabupaten Sergai juga dikenal dengan berbagai potensi daerah yang luar biasa, terutama di bidang pariwisata; lewat uji nyali wisata arung jeram atau rafting di sungai Bah Bolon, Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis.

Di sana terdapat sungai yang representatif dijadikan arena rafting. Tentunya tak kalah eksotis dari sungai-sungai di daerah lain.

“Oleh karenanya, tak heran bila destinasi wisata itu mendapat pengakuan Kemenparekraf yang menyematkan Kabupaten Sergai sebagai peraih juara 1 Desa Wisata Terfavorit dan juara 2 Desa Wisata Digital dan Kreatif di ajang Desa Wisata Nusantara. Dengan membaiknya sektor pariwisata, kami berharap perekonomian masyarakat juga membaik,” kata Bupati Sergai.

Baca Juga :  Implementasi manajemen Humas, Polres Sergai dan Dinas Kominfo serta media Pers jalin Sinergitas dalam meningkatkan informasi publik menyongsong Pemilu 2024..

Terkait dunia pers, Bupati Sergai menyampaikan pada akhir desember 2022 lalu, dirinya juga mendapat penghargaan Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat atas inovasi dalam menerapkan program cetak sawah mandiri.

Penghargaan tersebut akan diterima pada puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2023 di Kota Medan.

Dengan berbagai capaian yang kami peroleh, akan menambah semangat dalam bekerja dan mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

Kami juga berharap kunjungan pengurus SMSI ini, menjadi momentum untuk mempublikasikan potensi wisata di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Saya meyakini bahwa kerja jurnalistik menjadi salah satu pilar utama dalam proses pembangunan suatu daerah,” tutur Darma Wijaya.

Ketua SMSI Pusat, Firdaus, menjelaskan masyarakat merupakan bagian dari ekosistem media. Untuk itu pada kesempatan ekspedisi Geopark Toba ini, diminta ingin mendorong daerah-daerah wisata yang dilalui untuk dipublikasikan ke dunia terutama di Sumut.

“Sumut bukan hanya Medan, tapi banyak daerah yang harus dikenal masyarakat, termasuk Sergai. Semoga lewat kegiatan ini, potensi besar daerah di Sumut dapat terpublikasi dengan baik,” kata Firdaus.

Pada kesempatan ini, dirinya juga meminta kesediaan Bupati Sergai untuk hadir menerima penghargaan dari SMSI Pusat di Jakarta.

“Maret mendatang di HUT SMSI, rencananya Pak Bupati Sergai masuk sebagai nominator penerima apresiasi dari SMSI.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Sekretaris Jendral SMSI Pusat M. Nasir, Ketua Bidang SMSI Pusat Makali Umar, Bendahara Umum SMSI Pusat Lesman Bangun, serta Ketua SMSI Provinsi se-Indonesia. (RED)

Berita Terkait

Tanggul Sungai Jebol, Brimob Polda Sumut Gerak Cepat Evakuasi Warga Terdampak Banjir
Sang Pejuang Dhuafa Kunjungi Mutiara tersembunyi Pemenang Juara 1 Dunia di Alzazair.
Implementasi manajemen Humas, Polres Sergai dan Dinas Kominfo serta media Pers jalin Sinergitas dalam meningkatkan informasi publik menyongsong Pemilu 2024..
Judi Tembak Ikan Berkedok Gelanggang Permainan Diduga Milik J.S Marak di Sergei
Grebek Kampung Narkoba Polres Sergai Me-RESPONS
Hadiri zikir Kebangsaan, Kapolda Sumut: Kita Pererat Kasih Persaudaraan
Video Perkelahian Siswa SMP di Sergai, Kakek Korban: Biar Proses Hukum Yang Berjalan
Bhakti Sosial Kunjungan Kerumah Personil Yang Sakit Menahun Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke-77 dan HUT Kodam I/BB Ke-73

Berita Terkait

Minggu, 3 Maret 2024 - 19:10 WIB

Santer, Terima Uang Ratusan Juta Dari Caleg DPR RI Untuk Mendulang Suara, Ketua PPK Bilah Hilir Sebut Kerjasama Dengan Kades dan Mantan Kades.

Minggu, 3 Maret 2024 - 15:42 WIB

Plt. Bupati Kabupaten Labuhanbatu Hadiri Kegiatan CFD, Jelang Bulan Ramadhan Tingkatkan Kualitas Berolahraga.

Jumat, 1 Maret 2024 - 17:16 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Jumat, 1 Maret 2024 - 16:14 WIB

Pihak SMAN 1 Panai Hilir Bersama Orang Tua Siswi Bermaaf-maafan Hanya Karena Miskomunikasi

Senin, 19 Februari 2024 - 22:32 WIB

Sinergitas TNI-POLRI Dalam Pengamanan Pleno Rekapitulasi di Tingkat PPK di Wilayah Hukum Polsek Bilah Hilir.

Senin, 19 Februari 2024 - 21:10 WIB

Pastikan Rapat Pleno Berjalan Aman dan Lancar, Plt. Bupati Labuhanbatu Tinjau Langsung Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

Senin, 19 Februari 2024 - 18:11 WIB

Hari Kesaktian Kesadaran Nasional, Pidato Bupati Labuhanbatu Ingatkan ASN Berikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

Selasa, 13 Februari 2024 - 19:37 WIB

Camat Bilah Hilir Didampingi Forkopincam Memonitoring Langsung Proses Penyaluran Logistik Pemilu Serentak 2024

Berita Terbaru

DELI SERDANG

PPK Tanjung Morawa Diduga Mafia Penggelembungan Suara

Senin, 4 Mar 2024 - 00:18 WIB