SMA Negeri 1 Belimbing Undang Trainer Sumsel Polda Kuatkan Karakter Siswa

- Redaksi

Minggu, 5 Februari 2023 - 09:08 WIB

50490 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sumsel

Kepala SMA Negeri 1 Belimbing Sri Lestari, S. Pd., M. Pd mengundang Trainer Polda Sumsel Ipda Toni Hermawan, ST., SH., MM dari Bid labfor Polda Sumatera Selatan untuk melaksanakan kegiatan Penguatan Karakter Siswa kelas XII SMAN 1 Belimbing tahun Pelajaran 2022/2023 pada hari Sabtu tanggal 4 Februari 2023, terlebih dahulu ucapan terima kasih disampaikan kepada : Kapolri, Kapolda Sumsel, Karo SDM Polda Sumsel dan Kabid Labfor Polda Sumsel.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kami sangat berterima kasih pada Trainer polda sumsel bapak Ipda Toni Hermawan, ST, SH, MM, atas waktu dan kesempatannya untuk membagikan ilmunya tentang ESQ penguatan karakter kepada siswa/I dan guru kami.
ESQ atau Emotional Spiritual Quotient merupakan sebuah metode penggabungan antara kecerdasan emosional dengan kecerdasan spiritual.
Menurut kami kegiatan pelatihan ESQ penguatan karakter sangatlah penting karena menurut pengamatan kami anak anak sekarang memiliki karakter yang sangat kurang disiplin, kurang kepeduliannya terhadap pembelajaran dan lingkungan sekitarnya padahal karakter itu merupakan salah satu kompetensi pembelajaran abad ke-21 seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin cepat sehingga perlu penguatan diri dalam diri individu . karena jika orang yang cerdas dan memiliki intelegensi tinggi tetapi memiliki moral dan karakter yang rendah justru akan menyebabkan ancaman bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya.
“pelatihan Penguatan karakter dengan metode ESQ/NAC adalah untuk merupakan sarana yang efektif dalam memahami cara agar siswa/i agar dapat tumbuh dan berkembang jiwanya menjadi lebih kuat serta mampu mengendalikan diri di usia yang masih belum stabil dalam memilih tujuan hidup yang sesuai dengan cita-cita.
Kami sangat menyambut baik kegiatan ini dibuktikan dengan sangat antusiasnya siswa/guru dalam mengikuti rangkaian kegiatan nya.” Tutup Ibu Sri Lestari.

Adapun peserta sasaran kegiatan ESQ penguatan karakter ini adalah sasaran utama nya untuk seluruh siswa/i kelas XII IPA dan IPS yang berjumlah 197 Orang yang didampingi 17 Guru beserta staf TU.
Adapun guru dan staf TU yang hadir sebagai berikut:
1. Sri Lestari, S. Pd., M. Pd / Kepala Sekolah
2. Andi Tarzan, S. Pd / Waka Kesiswaan
3. Amirul Hayat, S. Pd., M. Pd / Waka Kurikulum
4. Rita Karnela, SE., M. Pd / Waka Sarana dan Prasarana
5. Muhrobil Uhron, S. Pd / Waka Humas
6. Uyun Romawati, S. Pd., M. Pd / Guru BK
7. Khoilansyah, S. Kom
8. Nopriadi, S. Sos
9. Agus Prayoga, S. Sos
10. Meila Erita, S. Pd
11. Feni Ambrayani, S. Pd
12. Santri Dinova, S. Pd., M. Pd
13. Fama Gala Tea, S. Pd
14. Juniardi, S. Pd
15. Yadi Haryono, S. Pd
16. Refly Diansyah, S. Pd
17. Fala Padlun, S. Pd

Baca Juga :  MENKUMHAM DORONG UPAYA KOLEKTIF UNTUK MENGATASI PERDAGANGAN ORANG

*Menurut Wakil Bidang Humas SMA Negeri 1 Belimbing yaitu Bapak Muhrobil Uron, S. Pd,* “bahwa Sudah seharusnya kegiatan pelatihan siswa dilakukan dengan berbagai macam system, pilihan ESQ sarana yang efektif dalam memahami cara agar tumbuh dan berkembang jiwa yang kuat dan mampu mengendalikan diri diusia yang masih belum stabil dalam memilih tujuan hidup yang sesuai cita cita. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa yang mengikuti dapat mengubah cara pandang mereka dalam menghadapi masalah yang akan mereka hadapi kedepan, selain itu juga mereka bisa mengembangkan kepribadian mencapai karakter yang lebih kuat , tidak hanya cerdas memahami konsep dan teori tetapi cerdas dalam mengendalikan emosi. Perkembangan usia remaja masih labil dan kurang percaya diri dalam menghadapi masalah yang berakibat pada perilaku yang samar karena belum ada wadah yang bisa memahami kemauan mereka.”

*Tanggapan Ibu Uyun Rohmawati, S. Pd., M. Pd, / Guru BK*
“Satu hari mengikuti kegiatan ESQ MasyaAllah luar biasa saya sebagai guru bimbingan konseling sangat terbantu sekali dengan training ESQ yg dipandu oleh Pak Toni selaku narasumber. Materi materi yg bermanfaat dalam membentuk karakter siswa, renungan renungan yang berguna untuk bermuhasabah diri sangat sangat dirasakan manfaatnya oleh siswa siswi SMA Negeri 1 Belimbing dan juga guru-guru. Semoga siswa/i bisa memupuk kembali jiwa dan perilaku yg positif sebagai dasar menjadi pribadi yang sukses dunia akhirat, Aamiin. Terima Kasih NAC.” Tutup Ibu Uyun

*Tanggapan bapak Andi Tarzan, S. Pd / Waka Kesiswaan*
“Dengan adaya kegiatan ESQ saya sangat mengapresiasi sekali, dimana kegiatan ini sangat membantu sekali khususnya dalam pengendalian diri atau emosi siswa yang perilakunya beragam karakter. Sehingga dengan melalui kegiatan ESQ ini membuat siswa sedikit mulai terbuka wawasannya dan menyadari sudah sejauh mana mereka berbuat terhadap dirinya, keluarga, maupun masyarakat. Harapan saya semoga kegiatan iESQ ini mejadikan motivasi bagi siswa/siswi SMA Negeri 1 Belimbing untuk menuju kesuksesan.”

*Tanggapan Bapak Amirul hayat, S.Pd., M. Pd / Waka Kurikulum*
“kegiatan yang sangat positif bagi siswa SMA Negeri 1 Belimbing yaitu menjadikan siswa berkarakter baik dan berbudi pekerti luhur, mampu mewujudkan cita-citanya di masa depan, mau maju dan berkembang, mampu mandiri, dapat Mengubah perilaku yang buruk ke pribadi yang lebih baik dan berharap menjadi wadah untuk refleksi diri.”

Baca Juga :  Syarwani Sebut Relawan Sahabat Anies adalah Mereka yang Terpanggil dan Bergerak

*Tanggapan Ibu Rita Kernela, SE., M. Pd / Waka Sarana dan Prasarana*
“ESQ ini merupakan kegiatan yang sangat positif untuk melatih dan mengembangkan karakter siswa, setelah menjalani kegiatan ESQ, siswa yang tadinya pemalu dan cenderung menutupi jati dirinya menjadi lebih percaya diri karena mereka dapat mengendalikan emosi nya dengan baik, melalui kegiatan ESQ ini mereka belajar banyak hal, mulai dari percaya diri, peduli, disiplin serta tolong menolong antar sesama. Harapan saya kedepannya semoga kegiatan ESQ ini dapat menjadi agenda rutin dan dilaksanakan minimal satu tahun sekali.”

*Tanggapan dari Peserta : Rangga Rivaldo (Kelas XII.IPA2)*
“kegiatan ini sangat menarik, terutama bagi saya pribadi, karena setelah mengikuti kegiatan ini saya merasa menjadi lebih baik, pikiran saya menjadi lebih tenang, banyak ilmu yang saya dapatkan melalui kegiatan ini. Materi yang disampaikan juga menarik, karena banyak games dan permainan dari trainer. Harapan saya semoga kegiatan ini bisa berlanjut dimasa yang akan datang.”

*Tanggapan dari Peserta : Fiola Agustin (Kelas XII.IPS1)*
“Saya senang sekali bisa mengikuti kegiatan Penguatan Karakter Siswa ini, karena ada banyak ilmu yang saya dapatkan. Apalagi trainnernya menyampaikan materi dengan menyenangkan. Dengan kegiatan ini, saya menjadi lebih semangat, karakter saya lebih berkembang lagi. Saya bisa mengubah pola pikir saya dalam menghadapi berbagai masalah yang akan dihadapi. Saya berharap kegiatan ini ini bisa berlanjut diwaktu yang akan datang.”

*Tanggapan dari ketua OSIS SMA N 1 Belimbing : Arel (Kelas Xl.IPS2)*
“kegiatan ini banyak memberikan pelajaran dan ilmu yang bisa diambil dari kegiatan ini saya banyak mendapatkan hidayah, sadar diri, bersyukur dan merubah mindset kedepannya lebih baik karena didalam kegiatan penguatan karakter ini kita diberikan sebuah pelajaran yang menyentuh hati dan pikiran kita supaya menjdi seseorang yang bisa sukses kedepannya kegiatan ini juga bagi saya sangat-sangat menarik karena mempunyai banyak keseruan-keseruan yang asik. Harapan saya semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar kedepannya dan bise berlanjut ketahun-tahun yang akan datang”(red)

Berita Terkait

Setukpa Lemdiklat Polri Kembali Menggelar Kampus Peduli New Zero Stunting
Bangunan Sekolah Ambruk, Anak Nelayan Gelar Ujian Sekolah di Alam Terbuka
Pertemuan Tahunan IKHROM Ke-7, Tingkatkan Tali Silaturrahim
Kapolri Naik Heli Pantau Langsung Arus Mudik di Jalan Tol dan Arteri
Lepas Pendistribusian ‘Bantuan Kemanusiaan Untuk Negeri’, Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal : Bantuan Harus Tepat Sasaran
Terjadi Silpa Pembelanjaan Baju Dinas, Semar Minta Setwan DPRD Lebak Terbuka ke Publik
36 Korban Teridentifikasi, Tim Gabungan Kodam I/BB Cari Korban Longsor Serasan
Bekerjasama dengan LSM PTJR Ponpes Bahrul Ulum Ashobariyah Berikan Santunan kepada anak Yatim dan Kaum Dhuafa.

Berita Terkait

Jumat, 29 Maret 2024 - 01:47 WIB

Polres Simalungun Gelar Buka Puasa Bersama, Pererat Silaturahmi dan Keharmonisandi Bulan Suci

Jumat, 29 Maret 2024 - 01:29 WIB

Polsek Perdagangan Tingkatkan Keamanan Lewat Patroli Dialogis, Upaya PRESISI Membangun Kenyamanan Masyarakat

Jumat, 29 Maret 2024 - 01:22 WIB

Warung Kopi Pak Belalang, Berhasil Dipulihkan, Tindakan Tegas Polsek Perdagangan Usir Praktik Judi

Rabu, 27 Maret 2024 - 06:50 WIB

Polsek Perdagangan Gelar Patroli Blue Light, Tingkatkan Keamanan Wilayah

Rabu, 27 Maret 2024 - 06:46 WIB

Persaudaraan Kembali Teguh, Berkat Problem Solving Polsek Sidamanik Resor Simalungun

Rabu, 27 Maret 2024 - 06:41 WIB

Jaga Ketertiban dan Kenyamanan Sholat Subuh, Polsek Serbalawan Gelar Pengamanan dan Himbauan Anti Pencurian

Rabu, 27 Maret 2024 - 01:40 WIB

Polsek Saribu Dolok Amankan Sholat Tarawih, Jamin Keamanan dan Kenyamanan Jemaah

Rabu, 27 Maret 2024 - 01:32 WIB

Polsek Balata Patroli Keamanan Selama Sholat Tarawih di Mesjid Al-Mujahidin Balata Berlangsung Lancar

Berita Terbaru